Menangi medali emas bola basket putri, AS juara umum Olimpiade Paris

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Amerika Serikat berjuang keras mengalahkan Prancis 67-66 pada final bola basket putri Olimpiade Paris 2024, Minggu malam, final Olimpiade Paris Senin pagi.

Ini adalah medali Olimpiade kedelapan berturut-turut bagi Amerika di bidang bola basket wanita. Kemenangan atas Prancis juga memberi tim putri AS rekor mengesankan di Olimpiade ke-61.

A’ja Wilson memimpin AS dengan poin tertinggi dalam pertandingan, 21 poin. Kemenangan tersebut menjadikan gelar Olimpiade kesepuluh AS dalam bola basket wanita.

Ini sekaligus menjadi medali emas ke-40 sekaligus terakhir yang diraih AS di Olimpiade Paris 2024.

Medali emas terakhir ini juga membuat Amerika Serikat muncul sebagai juara umum karena, meskipun sama-sama memenangkan 40 medali emas dan Tiongkok, mereka memenangkan lebih banyak medali perak dan perunggu.

Amerika Serikat mengoleksi 44 medali perak dan 42 perunggu, sedangkan China meraih 27 perak dan 24 medali.

Bola basket putri di Olimpiade Paris berlangsung seru, menegangkan, dan intens, termasuk musim terakhirnya.

Dengan waktu tersisa 3 menit 45 detik di kuarter keempat, Gabby Williams membuat Prancis unggul 55-55, namun AS merespons dengan layup dari Breanna Stewart untuk menjadikannya 56-55.

Keunggulan AS bertambah menjadi 58-55 setelah A’ja Wilson melakukan tembakan dua angka.

Williams menghidupkan kembali Prancis setelah gagal dalam dua lemparan bebas setelah pelanggaran yang dilakukan Jackie Young untuk menjaga kedudukan Prancis menjadi 58-57. Namun, dua lemparan bebas Kelsey Plum membuat AS unggul 60-57 saat waktu tersisa 2 menit.

Williams kembali membuat Prancis tertinggal 59-60 saat waktu tersisa 1 menit 33 detik. Namun, AS kembali bangkit hingga kedudukan menjadi 62-59 setelah assist Breanna Stewart memberi Kahleah Copper dua poin.

Lemparan bebas A’J Wilson membuat skor menjadi 63-59 untuk AS. Namun, dua lemparan bebas Marina Johannes memperkecil ketertinggalan Prancis menjadi 63-61.

Setelah Plum melakukan dua lemparan bebas untuk menjadikan kedudukan 65-61, Williams memasukkan lemparan tiga angka untuk membawa Prancis unggul 64-65.

Prancis mencoba menghentikannya dengan melakukan pelanggaran yang membuka jalan bagi Perunggu untuk mencetak dua poin melalui dua lemparan bebas, pada kedudukan 67-64.

Dengan tiga detik tersisa, Williams mendekatkan Prancis pada kedudukan 67-66. Williams kemudian melepaskan tembakan tiga angka, namun bola memantul dua kali setelah bel berbunyi, sehingga tidak mengubah skor menjadi 67-66 untuk AS.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours