Kepulauan Seribu tekan potensi penularan rabies melalui vaksinasi

Estimated read time 1 min read

Jakarta (Antara) – Dinas Keamanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu menggelar layanan vaksinasi rabies di Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara untuk memerangi rabies.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Cabang KKPKP Kepulauan Seribu (Sudin) Sandri Oktama di Jakarta, Senin, mengatakan, layanan gratis ini diberikan dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia yang diperingati setiap 28 September sekaligus menjaga Won DKI Jakarta. Bertajuk Kota Bebas Rabies.

“Dalam pengabdian kali ini, kami berhasil menyasar 150 kucing yang terdiri dari 65 ekor betina dan 65 ekor jantan,” ujarnya.

Selain layanan vaksinasi rabies, layanan sterilisasi hewan juga diberikan melalui kerja sama dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) DKI Jakarta dan Klinik eMYe.

“Layanan ini akan berlanjut hingga akhir tahun ini dan dilaksanakan menyasar pulau-pulau berpenduduk lainnya. Semoga layanan ini bermanfaat,” ujarnya.

Nurmakia (33), warga Desa Pulau Kalapa mengaku bersyukur dan gembira dengan adanya kampanye vaksinasi dan sterilisasi rabies.

“Vaksinasi yang rutin akan memastikan hewan peliharaan sehat dan terlindungi dari rabies,” ujarnya.

Ketua RW 03 Calabar Dhoni menyambut baik kehadiran vaksinasi rabies dan layanan sterilisasi karena banyak terdapat kucing liar dan peliharaan di wilayahnya.

“Kami terus mengajak warga untuk memanfaatkan layanan vaksinasi HPR agar kita dan hewan peliharaan kita tetap sehat dan lingkungan terbebas dari rabies,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours