Puncak Jaya Memanas, 3 Warga Diduga Terafiliasi OPM Ditembak TNI

Estimated read time 1 min read

Puncak Jaya – Situasi di Kabupaten Puncak Jaya kembali memanas. Pada Selasa 16 Juli 2024 sekitar pukul 20.00 WIB tiga warga diduga simpatisan kelompok OPM pimpinan Terranus Enumbi tewas ditembak.

Petugas TNI dari Satgas Yonif RK 753/AVT/Elang IV dan Satgas Mandala IV juga mengamankan satu unit senjata api rakitan dan bendera Bintang Kejora. Barang bukti tersebut ditemukan di sebuah kios milik warga Distrik Muara, Kabupaten Pankak Jaya.

Usai peristiwa penembakan, ketiga jenazah dibawa ke RSUD Mulia untuk mendapat perawatan. Salah satu dari tiga warga yang ditembak aparat diduga adalah pimpinan kampung Porbalo di distrik Dokom, kabupaten Puncak Jaya, Papua tengah.

Peristiwa tersebut membuat warga geram sehingga warga berkumpul di sekitar kawasan Mulia pada Rabu (17/7/2024) sore. Aksi warga dilakukan dengan merusak dan membakar beberapa kendaraan milik aparat kepolisian TNI dan pejabat pemerintah setempat.

Berdasarkan informasi yang diterima, warga yang tertembak sebanyak 3 kali berjenis kelamin laki-laki Sonda Wanimbo (33) meninggal dunia akibat luka tembak di dada kanan dan lengan kiri. Pria tersebut, Yotenus Vonda (41), kemudian meninggal dunia akibat luka tembak di bagian dada.

Dominus Vonda (36) akhirnya meninggal dunia akibat luka tembak di pelipis kanan. Sementara itu, aparat TNI Polari sedang menangani masyarakat dan meningkatkan keamanan di kawasan tersebut.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours