Topeng Emas dan Artefak Kuno Ditemukan dalam Operasi Rahasia di Iran

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Operasi penyamaran yang dilakukan polisi Iran berhasil menemukan dua masker emas dan beberapa barang selundupan. Bangunan bersejarah ini berasal dari periode pra-Achaemenid dan akhir Elam, sekitar 2.000 tahun yang lalu.

Selain topeng emas, polisi juga menemukan vas, patung, dan beberapa tembikar zaman Parthia.

Kepala polisi distrik Bushehr Esmaeel Sajjadi-Manesh mengatakan penangkapan itu merupakan bagian dari operasi penyamaran. Menurut Tehran Times pada Rabu (9/10/2024), pihak berwenang memantau dengan cermat para penyelundup yang tertangkap mencoba menjual barang di Shiraz, Provinsi Fars.

Para pengedar narkoba pertama kali terdeteksi di pelabuhan Hanaweh di distrik Bushehr dan berlanjut hingga tahap terakhir perdagangan ilegal di Shiraz. Usai penangkapan, barang sitaan segera dikembalikan ke distrik Bushehr untuk diselidiki.

Sajjadi-Manesh dengan bangga menjelaskan makna historis dari memorabilia yang diimpor tersebut. Dia menunjuk salah satu topeng emas bernilai sekitar $50.000 selama operasi penyelundupan.

Peradaban Elam pada 3000-500 SM memainkan peran penting dalam perkembangan Iran bagian barat saat ini, termasuk Bushehr. Penggalian yang dilakukan oleh tim arkeologi Perancis pada tahun 1913 mengkonfirmasi asal usul Boucher di Kekaisaran Elam.

Dikenal karena struktur sosial dan tradisi seninya, suku Elam meninggalkan karya seni, termasuk topeng emas yang sering digunakan dalam upacara pemakaman.

Suku Elam, seperti kebudayaan kuno lainnya, sangat mementingkan transisi dari kehidupan ke kematian, dan topeng ini tampaknya memainkan peran sentral dalam upacara pemakaman. Topeng ini dipercaya dapat memberikan perlindungan spiritual bagi orang yang meninggal atau membantu peralihan menuju akhirat.

Kerajaan pegunungan Elam berasal dari Zaman Perunggu. Meskipun kerajaan-kerajaan ini sering kali terpecah-pecah, mereka membentuk konfederasi, mempertahankan ciri-ciri budaya yang berbeda hingga mereka ditaklukkan oleh pertumbuhan Kekaisaran Persia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours