Spanyol catatkan sejarah raih emas debut jalan cepat beregu campuran

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Spanyol meraih medali emas pada lomba maraton estafet beregu campuran yang pertama kali diikuti pada tahun 2024. di Olimpiade Paris.

Alvaro Martin dan Maria Perez dari Spanyol menang dalam waktu 2 jam 50 menit 31 detik, unggul hampir satu menit dari peraih medali perak Ekuador, sedangkan Australia meraih perunggu.

Ekuador, yang atletnya Brian Pintado, peraih medali emas lari cepat 20 km di Olimpiade Paris, menempati posisi kedua dalam waktu 2 jam. 51 menit. 22 detik dan Australia ketiga dalam 2 jam. 51 menit. 38 detik.

Tim asal Spanyol ini punya lebih dari cukup alasan untuk dianggap sebagai favorit, dengan Martin dan Perez menang dua kali di Piala Dunia tahun lalu.

“Ini luar biasa, ini menjadi cerita tidak hanya bagi kami tetapi juga bagi jalan tol di Spanyol,” kata Martin seperti dikutip AFP, Kamis.

Perez yang kini telah meraih medali emas di Olimpiade, Kejuaraan Dunia, dan Eropa, merasakan kemenangan itu sangat istimewa.

“Triple Crown merupakan mahkota pertama yang diraih atlet Spanyol dan saya beruntung bisa membaginya dengan Alvaro,” kata Perez.

Perez dan pemain Ekuador Glenda Morejón bertarung di etape keempat dan terakhir, yang berlangsung di tepi Sungai Seine dekat Menara Eiffel di pusat kota Paris.

Maraton merupakan cabang olahraga baru di Olimpiade, menggantikan lari cepat 50 km putra yang pertama kali muncul pada tahun 1932. di Olimpiade, namun ditinggalkan demi meningkatkan kesetaraan gender.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours