10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi dengan Struktur yang Singkat dan Jelas

Estimated read time 8 min read

Jakarta – Teks laporan hasil observasi merupakan laporan yang memuat hasil observasi lapangan yang diuraikan secara umum. Berikut 10 contoh teks laporan yang ringkas dan jelas.

Pengamatan teks laporan hasil observasi didasarkan pada beberapa langkah, yaitu menentukan objek penelitian, menentukan jadwal observasi, mengamati, mencatat berbagai hal pada saat melakukan observasi, dan membuat laporan hasil observasi.

Baca juga: Pengertian Teks Laporan Observasi, Strukturnya dan 10 Contohnya

Tujuan observasi adalah untuk memberikan informasi secara rinci, membuat kesimpulan dan menuliskan informasi faktual tentang apa yang ada di lapangan sesuai dengan materi yang dipelajari. Laporan hasil observasi ditulis secara sistematis sehingga mudah dipahami ketika dibaca.

Di bawah ini contoh teks laporan hasil pengamatan: 1. Laporan hasil pengamatan burung Centrwasih

Pernyataan umum

Burung cendrawasih merupakan burung yang memiliki sayap yang indah, terutama sayap burung jantan yang panjang dan berwarna cerah. Burung ini memiliki bulu berwarna coklat, kuning dan putih pada bagian ekornya serta bulu berwarna kuning hijau pada sekitar kepala dan leher.

Deskripsi bagian

Secara fisik, burung ini berukuran cukup besar dibandingkan burung pada umumnya. Ukurannya berkisar antara 15 cm hingga 110 cm dan berat badannya berkisar antara 50 g hingga 450 g.

Baca Juga: 5 Contoh Teks Laporan Observasi Hewan Lengkap Menurut Struktur Penulisannya

Cendrawasih merupakan hewan pemakan buah dan pemakan arthropoda, seringkali memakan hewan kecil seperti serangga. Burung jantan terkenal dengan bulunya yang indah dan sering terbang tinggi serta bersuara merdu, selain menari untuk menarik perhatian betina.

Deskripsi manfaat

Burung cendrawasih merupakan hewan yang populer karena bulunya yang indah, namun sering dimanfaatkan oleh masyarakat lokal di wilayah Papua untuk keperluan upacara.

2. Laporan hasil observasi lingkungan rumah

Pernyataan umum

Lingkungan tempat saya tinggal adalah kompleks yang bersih, asri, jauh dari kebisingan dan panjangnya 5 blok. Komplek yang kami tinggali sangat memperhatikan kebersihan sehingga setiap rumah disediakan tempat sampah organik dan non-organik.

Baca juga: 7 Contoh Teks Laporan Pengamatan Tumbuhan Beserta Ciri-ciri Penulisannya

Deskripsi bagian

Rumah tempat saya tinggal terdapat pohon mangga dan tanaman bunga dalam pot. Ada juga kolam renang di belakang rumah kami. Terlihat sejuk dan indah bila keseimbangan ekosistemnya terpenuhi.

Deskripsi manfaat

Lingkungan yang mempunyai ekosistem yang baik akan lebih nyaman untuk ditinggali karena terpenuhinya kebutuhan dasar beraktivitas. Lingkungan yang bersih dan pepohonan yang terawat akan meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup keluarga yang tinggal di sana.

3. Laporan Hasil Observasi Masyarakat Suku Nias

Pernyataan umum

Masyarakat suku Nias berada di bagian barat Pulau Sumatera Utara, bermukim di sebuah pulau bernama Nias. Masyarakat suku Nias terkenal dengan adat istiadatnya yang kuat, salah satunya adalah lompat batu. Selain itu, tradisi budaya tradisional masih diwariskan dan diwariskan secara turun temurun untuk melestarikan budayanya.

Deskripsi bagian

Masyarakat etnis Nias berkomunikasi menggunakan bahasa daerah Nias yang mempunyai dialek berbeda-beda di setiap daerah. Suku Nias terdiri dari empat kabupaten dan satu kota serta memiliki banyak pulau-pulau kecil yang terkenal dengan keindahan pantainya.

Budaya dan tradisi suku Nias yang terkenal adalah lompat batu yang tingginya bisa lebih dari 2 meter dengan ditopang batu di bawahnya sambil melompat yang dilakukan oleh laki-laki Nias. Ciri khas pakaian adat ini didominasi warna merah, kuning, dan hitam. Selain itu, ada juga upacara pernikahan, kelahiran, dan kematian yang memiliki adat dan tata cara tersendiri.

Deskripsi manfaat

Suku Nias merupakan salah satu suku bangsa yang masih melestarikan budaya dan alamnya yang kaya akan pariwisata sehingga sangat berguna untuk memupuk tradisi dan pariwisata disana. Pentingnya mengetahui dan melestarikan budaya suku Nias untuk menikmati dan memperluas ilmu pengetahuan guna melestarikannya untuk generasi mendatang.

4. Laporan Hasil Pengamatan Tanaman Mahoni

Pernyataan umum

Tanaman mahoni merupakan pohon asli dataran tropis Amerika namun juga banyak dibudidayakan di kawasan Asia seperti Indonesia untuk diambil batangnya. Pohon mahoni mempunyai batang dan cabang serta menghasilkan bunga dan buah.

Deskripsi bagian

Pohon mahoni tingginya 30 hingga 40 meter dengan diameter mencapai 125 cm. Batang pohon mahoni berbentuk silindris dan tidak mempunyai kulit kayu serta bercirikan kulit batang berwarna coklat tua, sedangkan kulit kayu berwarna abu-abu halus bila muda, berwarna coklat beralur dan berbutir bila tua. Pohon mahoni saat berumur tujuh tahun memiliki mahkota bunga berwarna kuning kecoklatan dan buah berwarna coklat berbentuk kapsul.

Deskripsi manfaat

Batang pohon mahoni sering digunakan untuk perkakas, gerabah, dan ukiran. Batangan kayu mahoni banyak digunakan karena tidak mudah berubah dan berkualitas tinggi. Selain itu, kulit pohon mahoni juga sering direbus dan digunakan untuk pewarnaan agar menghasilkan warna kuning yang tidak mudah luntur.

5. Laporan hasil observasi tempat wisata kota tua

Pernyataan umum

Kota Tua merupakan peninggalan sejarah yang terletak di Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Pemandangan kota tua peninggalan kolonial Belanda dan bangunan dengan arsitektur khas. Banyak bangunan bersejarah yang masih dalam kondisi baik dan digunakan sebagai museum, kafe, dan keperluan lainnya.

Deskripsi bagian

Ada beberapa tempat bersejarah di kota tua yang paling banyak kita kunjungi, yakni Museum Fethullah yang dulunya merupakan Balai Kota Batavia. Taman Fathullah merupakan tempat yang banyak dikunjungi orang untuk bersantai dan menikmati pemandangan kota tua.

Berikutnya adalah Pelabuhan Sunda Kelapa yang merupakan pelabuhan tertua di Jakarta dan memiliki nilai perdagangan bersejarah di Indonesia. Sasak Kota Intan yang dibangun VOC dan merupakan jembatan gantung tertua sering dijadikan spot berfoto.

Ada juga Café Batavia yang menyajikan minuman kopi khas Indonesia dan Belanda. Art Street Old Town tempat orang sering berjalan-jalan untuk menikmati seni dan pertunjukan di kota tua.

Deskripsi manfaat

Kawasan Kota Tua merupakan tempat wisata dan sejarah yang banyak memberikan informasi kepada masyarakat mengenai nilai-nilai sejarah. Pelestarian kawasan ini sangat penting agar generasi mendatang dapat menikmati keindahannya.

6. Laporan Observasi Monumen Nasional (Monas).

Pernyataan umum

Monumen Nasional atau Monas merupakan simbol dan kebanggaan bangsa Indonesia yang terletak di Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monas juga merupakan wujud perjuangan bangsa Indonesia untuk merdeka dari penjajahan Belanda.

Deskripsi bagian

Monas Proklamator merupakan proyek pengembangan Soekarno yang pembangunannya dimulai pada 17 Agustus 1961 hingga 1975. Kemudian diresmikan oleh Soeharto pada 12 Juli 1975.

Monas setinggi 132 meter atau 433 meter berwarna putih dengan api berlapis emas di atasnya melambangkan semangat juang bangsa Indonesia. Bangunan Monas dirancang oleh arsitek Frederic Salaban dengan relief di sekeliling bangunan. Di dalam Monas terdapat museum, Halaman Pancock, dan Ruang Kebebasan.

Deskripsi manfaat

Monas merupakan bangunan yang melambangkan nilai-nilai perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan. Selain itu, masyarakat Indonesia dan internasional bisa berkunjung ke sana untuk pendidikan dan sejarah bangsa.

7. Laporan Hasil Observasi Kain Batik

Pernyataan umum

Kain batik merupakan warisan budaya takbenda yang dilindungi oleh UNESCO. Batik berasal dari Indonesia yang dibuat dengan cara menulis dan menekan pada kain dengan teknik tulis menggunakan alat canting.

Deskripsi bagian

Kain batik mempunyai motif yang bermacam-macam tergantung dari jenis dan cara pembuatannya. Batik dibuat dengan 3 cara yaitu:

Teknik tulis, kain batik jenis ini biasanya lebih mahal karena mempunyai corak motif dan membutuhkan waktu yang lama dalam pengerjaannya.

Teknik stempel, kain batik jenis ini dibuat dengan cara dicap dengan tembaga, namun sebelum proses stempel kain batik akan dibuat menjadi bentuk yang diinginkan.

Teknik lukis, kain batik jenis ini bermotif bebas dalam merancang motif batik dengan menggunakan kain berwarna putih dan cat khusus.

Selain itu batik juga mempunyai filosofi tersendiri dengan motif yang berbeda-beda, seperti motif Perang, motif Kawong, dan motif Sepuluk.

Deskripsi manfaat

Kain batik merupakan warisan budaya di Indonesia yang mempunyai nilai yang harus dilindungi, selain itu mempunyai proses pembuatan yang rumit dan panjang sehingga perlu dilestarikan. Hal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan nilai ekonomi dan budaya masyarakat.

8. Laporan hasil observasi sampah

Pernyataan umum

Limbah adalah sisa-sisa yang tidak diinginkan dari penggunaan suatu bahan atau barang. Jumlah sampah di bumi akan terus bertambah selama masih ada aktivitas manusia dan alam, seperti konsumsi, nuklir, industri, dan pertambangan.

Deskripsi bagian

Sampah dapat dibagi menjadi dua kategori: sampah organik dan anorganik.

Misalnya sampah organik seperti dedaunan, sisa makanan dan sayur-sayuran dan lain-lain yang mudah terurai dan terurai, umumnya sampah tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pupuk bagi tanaman.

Sedangkan sampah anorganik seperti plastik, kaleng, kaca, dan besi sulit terurai dan memerlukan waktu yang lama dalam pengolahannya.

Sampah dapat dibagi menjadi kategori padat, cair, alam, konsumen dan antropogenik.

Deskripsi manfaat

Kotoran manusia dapat membahayakan kesehatan manusia karena dapat menimbulkan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

9. Laporan Hasil Observasi Busway Trans Jakarta

Pernyataan umum

TransJakarta merupakan salah satu angkutan umum yang disubsidi pemerintah untuk memperlancar mobilitas masyarakat khususnya di wilayah Jabuditabek. Selain itu, Transjakarta sudah mulai melakukan konversi tiket digital melalui kartu atau aplikasi. Trans Jakarta juga memiliki jalur tersendiri yang tujuan utamanya adalah mengatasi kemacetan di kawasan Sukabumi.

Deskripsi bagian

TransJakarta dapat digunakan dengan kartu prabayar seperti: Emoney, Flazz, Brizzi Tapcash, Jaklingko, atau Multi Trip Card (KMT) dan melalui aplikasi TransJakarta dengan harga Rp 3.500.000. Selain itu, terintegrasi dengan angkutan umum lainnya seperti KRL, MRT, dan LRT. Dengan pelayanan maksimal, TransJakarta memiliki rute sepanjang 251,2 km dan mengoperasikan 4.487 bus.

Deskripsi manfaat

TransJakarta sangat berguna untuk perpindahan orang saat bepergian karena terintegrasi. Mengurangi kemacetan dan efisiensi waktu dalam perjalanan jarak jauh serta kemudahan akses. Selain itu, kami juga telah menggunakan beberapa kendaraan listrik yang mendukung keberlanjutan dan ramah lingkungan.

10. Laporan Pengamatan Makanan Nasi Padang

Pernyataan umum

Nasi Padang adalah makanan khas dari Minangkabau, Sumatera Barat, Indonesia. Hidangan ini terkenal dengan bumbu yang ditambahkan pada nasinya. Lengkap dengan nasi, sayur mayur, dan rendang ayam atau sapi, dll yang mengandung santan.

Deskripsi bagian

Hidangan Nasi Padang akan tersaji di meja pelanggan dengan berbagai macam makanan, ikan, daging, ayam bakar, pop ayam, gulai otak, sayur nangka dan masih banyak lagi ikan yang kaya akan rempah. Para tamu tidak perlu lagi memesan makanan, namun cukup memilih dan menikmati makanan yang disajikan.

Keistimewaan dari makanan ini adalah jika dimakan dengan tangan, karena makanannya akan lebih nikmat. Untuk itu sebaiknya cuci tangan juga dengan air minum dan jeruk nipis yang disediakan untuk membersihkan tangan agar tidak berbau amis.

Deskripsi manfaat

Nasi Padang juga dinobatkan sebagai makanan lezat dengan bumbu yang nikmat dan gurih serta kuah santan. Nasi Padang juga populer secara internasional dan telah menjadi bagian integral dari budaya Indonesia. Hal ini berguna untuk menarik masyarakat luas agar dapat menikmati kelezatan makanan dan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat.

Berikut beberapa contoh laporan observasi dalam berbagai format yang dapat Anda pelajari, beserta strukturnya. Semoga dapat berguna dan bermanfaat.

Terima kasih kepada MG/Alfin Pratamazai

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours