Sedang Sibuk Perang, Rusia Diguncang Gempa Magnitudo 7,0

Estimated read time 1 min read

MOSKOW – Gempa berkekuatan 7,0 skala Richter melanda pesisir Semenanjung Kamchatka Rusia pada Minggu (18 Agustus 2024). Ini terjadi ketika negara itu sedang sibuk dengan perang di Ukraina.

Kementerian darurat setempat mengatakan gempa dirasakan di sepanjang pantai serta di Petropavlovsk-Kamchatsky.

“Tim penyelamat dan pemadam kebakaran sedang memeriksa gedung tersebut,” kata Kementerian Situasi Darurat Rusia cabang regional Kamchatka.

Gempa tersebut terjadi sekitar 90 kilometer sebelah timur Petropavlovsk-Kamchatsky tepat setelah pukul 7 pagi waktu setempat pada kedalaman hampir 50 kilometer (30 mil), demikian yang dilaporkan Survei Geologi AS (USGS).

Pusat Peringatan Tsunami Nasional AS awalnya mengeluarkan ancaman tsunami, namun kemudian mengatakan bahwa ancaman tersebut telah berlalu, AFP melaporkan.

Sementara itu, pemerintah Rusia tidak mengeluarkan peringatan tsunami.

Layanan Geofisika Terpadu Rusia cabang Kamchatka melaporkan di situs webnya bahwa beberapa gempa susulan tercatat setelah gempa awal, tetapi intensitasnya lebih rendah.

Semenanjung ini terletak di sabuk seismik yang mengelilingi sebagian besar Samudera Pasifik, yang dikenal sebagai “Cincin Api”, dan merupakan rumah bagi lebih dari dua lusin gunung berapi aktif.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours