Peringati HUT Kemerdekaan RI, Freeport Wujudkan Integrasi Tambang Hulu hingga Hilir

Estimated read time 2 min read

Tembagapur – PT Freeport Indonesia (PTFI) menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih serentak di 4 lokasi di 3 provinsi dengan mengusung tema “Hulu dan Hilir Tambang untuk Indonesia Lebih Baik” dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79.

Upacara di kawasan PTFI Thembakapura (8.45 WIT) dilaksanakan bersamaan dengan upacara Smelter Gresik (6.45 WIT). Hal ini menunjukkan PTFI telah beroperasi secara terintegrasi mulai dari hulu (proses penambangan dan pengolahan) hingga hilir (proses pemurnian) di smelter Krasik di Thembakapur, Jawa Timur. Pada saat yang sama, upacara juga dilaksanakan di Lapangan Kola Kenkan, Mimika, Papua Tengah dan kantor PTFI di Jakarta.

Direktur Utama PTFI Tony Venas menjelaskan, upacara pengibaran bendera yang memperingati 79 tahun kemerdekaan Indonesia bagi PTFI ini mengusung subtema “Hulu dan Hilir untuk Indonesia yang Lebih Baik”. Hal ini sejalan dengan komitmen PTFI untuk mendukung kebijakan hilirisasi pertambangan yang dilakukan pemerintah Indonesia.

Seperti diketahui, pada Juni 2024 lalu, PTFI telah menyelesaikan pembangunan dan mulai mengoperasikan pabrik peleburan tembaga single line terbesar di dunia yang dibangun di atas lahan seluas 100 hektare di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Grasika, Jawa Timur.

“Ini merupakan tambang bawah tanah terbesar di dunia, dipadukan dengan smelter tembaga single-line terbesar di dunia, dan bersama dengan PT Smelting akan memproduksi 1 juta ton katoda tembaga per tahun. Freeport menjadikan Indonesia sebagai tambang tembaga hulu dan hilir terbesar di dunia, “tegas Toni.

Upacara pengibaran bendera merah putih yang dipusatkan di Thempakapura memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) karena menyelenggarakan upacara HUT RI di ketinggian tertinggi yakni 2.000 meter di atas permukaan laut. Direktur Utama PTFI Tony Venas menerima sertifikat MURI sesaat setelah upacara penurunan bendera.

“Saya mendoakan seluruh keluarga besar PTFI dimanapun berada, dapat merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79,” kata Tony.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours