Survei: Kate Middleton Anggota Keluarga Kerajaan yang Paling Disukai Warga Inggris

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Kate Middleton menjadi anggota keluarga kerajaan Inggris paling populer karena masyarakat di sana sangat mencintainya. Hal itu diketahui dari hasil jajak pendapat publik terakhir yang dilakukan di negara monarki tersebut.

Wanita bergelar Princess of Wales ini berhasil meraih peringkat pertama dalam jajak pendapat lembaga penelitian dunia Ipsos. Warga negara Inggris yang berusia antara 18 dan 75 tahun ikut serta dalam survei ini dan ditanyai tentang perasaan mereka terhadap keluarga kerajaan.

Hasilnya, hingga 66% responden merasa puas dengan Kate. Dan hanya 10 persen yang berpandangan negatif terhadap wanita berusia 42 tahun tersebut.

Suami Kate, Pangeran William, adalah anggota kerajaan terpopuler kedua dengan peringkat persetujuan sebesar 65% dan peringkat ketidaksetujuan yang relatif rendah yaitu 13%.

Putri Anne, putri tunggal mendiang Ratu Elizabeth II, menempati posisi tiga besar.

Putri Anne mendapat 62% persetujuan dan hanya 9% yang tidak setuju.

Survei juga dilakukan oleh Raja Charles III. dia menjadi sangat populer pada tahun kedua raja. Charles, yang saat ini sedang berjuang melawan kanker, berada di urutan keempat dengan skor baik sebesar 56%.

Gambar Getty

Namun, putra bungsu Charles, Pangeran Harry, dan tunangannya, Meghan Markle, punya cerita berbeda yang sepertinya tidak disukai sebagian besar warga Inggris. Pasangan ini, bersama dengan Pangeran Andrew, adalah salah satu anggota keluarga kerajaan yang paling tidak terkenal.

Hanya 28% warga Inggris yang menyukai Pangeran Harry, dan 46% tidak puas. Angka tersebut bahkan lebih buruk lagi bagi Meghan Markle, yang memiliki tingkat persetujuan sebesar 21% dan tingkat ketidaksetujuan sebesar 53%.

Menurut jajak pendapat ini, Pangeran Andrew adalah yang terburuk. Hanya 10 persen warga Inggris yang puas dengan hal tersebut, sementara 66 persen tidak.

Secara keseluruhan, survei menunjukkan bahwa keluarga kerajaan memiliki posisi yang relatif kuat dan mendapat dukungan luas dari semua kelompok umur dan wilayah di Inggris. Kurang dari seperempat (23%) warga Inggris berpendapat bahwa kondisi Inggris akan lebih baik jika sistem monarki dihapuskan, sementara dua dari lima (44%) berpendapat kondisi negara akan lebih buruk jika sistem monarki dihapuskan.

“Jajak pendapat terbaru menunjukkan daya tarik keluarga kerajaan yang bertahan lama,” Gideon Skinner, direktur senior politik Inggris di Ipsos, seperti dikutip New York Post, Minggu (22/09/2024).

“Perlu dicatat bahwa lebih dari separuh warga Inggris menganggap Raja Charles telah melakukan tugasnya dengan baik, dan sebagian kecil menginginkan monarki dihapuskan. “Ini menunjukkan tingkat stabilitas citra keluarga kerajaan,” lanjutnya.

Ipsos juga mencatat bahwa Pangeran Harry dan Meghan Markle mendapat jajak pendapat yang lebih baik di kalangan anak muda Inggris. Banyak anak muda yang mendukung kembalinya sang pangeran ke Inggris sebagai pekerja kerajaan.

Meskipun dukungan terhadap Kate, William, dan Charles sangat kuat, tidak ada anggota keluarga kerajaan saat ini yang mampu menandingi mendiang Ratu Elizabeth dalam hal popularitas.

Jajak pendapat lain yang dilakukan Ipsos pada Mei 2022, atau empat bulan sebelum wafatnya Ratu Elizabeth, menyebutkan 86% warga Inggris yang disurvei merasa puas dengan kinerja Ratu.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours