OJK catat modal asing masuk ke pasar saham Rp52,75 triliun

Estimated read time 1 min read

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Perekonomian (MOEA) mencatat modal asing yang masuk ke pasar saham Indonesia sejak 27 September 2024 hingga saat ini sebesar Rp 52,75 triliun.

“Pasar saham mencatatkan pembelian bersih sebesar Rp 52,75 triliun (ytd) hingga akhir September,” kata Kepala Pasar Modal, Perlindungan Keuangan, dan Pengawasan Perdagangan Karbon OJK Inarno Djajadi di Jakarta, Rabu.

Inarno mengatakan hingga akhir September 2024, investor asing telah mencatatkan capital inflow, baik di pasar saham maupun di surat utang dan Sukuk (EBUS) hingga saat ini.

Selain di pasar saham, investor asing juga melakukan pembelian bersih di pasar obligasi untuk pembelian Surat Berharga Negara (SBN) dan obligasi korporasi yang tercatat sebesar Rp 26,62 triliun (year-to-date) pada 27 September 2024.

Menurut Inarn, tren masuknya modal asing (inflow) ke Indonesia dimulai sejak Juni 2024 dan mulai mencatatkan pembelian bersih tahunan mulai bulan ini.

“Kami optimistis arus masuk asing akan meningkat berdasarkan sentimen positif seperti ekspektasi penurunan suku bunga The Fed dan Bank Indonesia pada kuartal IV 2024,” ujarnya.

Baca Juga: Investor Asing Pasang Modal Rp500 Miliar untuk Bangun Zona ‘Mixed Use’ IKN Baca Juga: BI: Rupiah Menguat Seiring Naiknya Modal Asing Baca Juga: BI Sebut Net Keluar Modal Asing dari Indonesia Tembus Rp9,73 Triliun

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours