Jimmy Carter jadi mantan presiden AS pertama berusia hingga 100 tahun

Estimated read time 2 min read

WASHINGTON (ANTARA) – Mantan Presiden Amerika Serikat Jimmy Carter merayakan ulang tahunnya yang ke-100 pada Selasa (1/10), menjadi mantan Presiden Amerika Serikat (AS) pertama yang mencapai usia 100 tahun.

Kemenangan tersebut menambah daftar prestasi Carter yang sebelumnya menjadi presiden AS pertama yang lahir di rumah sakit dan satu-satunya lulusan Akademi Angkatan Laut AS yang menjabat sebagai presiden.

Demokrat dan petani kacang tanah Georgia ini juga merupakan presiden ketiga yang memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian, yang diberikan atas upaya mengakhiri konflik internasional secara damai.

Carter tetap aktif hingga pertengahan tahun 90an, bekerja dengan organisasi perumahan Habitat for Humanity dan organisasi non-pemerintahnya, The Carter Center.

Hingga tahun 2010-an, ia sering terlihat di lokasi pembangunan Habitat for Humanity bersama para relawan dan stafnya.

“Carter adalah simbol kepemimpinan dan kasih sayang, menginspirasi orang-orang di seluruh dunia,” kata Carter Center dalam sebuah pernyataan.

“Warisan Presiden Carter menginspirasi harapan dan kemajuan di seluruh dunia. Abad kehidupannya adalah bukti kekuatan pelayanan, dan Carter Center adalah pengingat abadi komitmennya terhadap perdamaian, kesehatan dan hak asasi manusia,” tambahnya. .

Carter menghabiskan hampir dua tahun dalam perawatan paliatif untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Presiden AS Joe Biden, yang 19 tahun lebih muda dari Carter, memerintahkan papan reklame dipasang di halaman utara Gedung Putih untuk merayakan ulang tahun Carter.

Baliho tersebut akan dipajang pada siang hari.

Carter lahir pada tanggal 1 Oktober 1924 di Plains, Georgia, dan tetap menjadi anggota aktif komunitas hingga memasuki perawatan paliatif 20 bulan lalu.

Istrinya Rosalynn Carter meninggal pada November 2023.

Sumber: Anatolia

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours