Salman Falahi, Wasit Kontroversial yang Royal Kartu Pimpin Laga Timnas Indonesia vs Australia

Estimated read time 2 min read

FIFA belum memastikan siapa yang akan memimpin timnas Indonesia melawan Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Selasa (10/9/2024) malam WIB. Namun media Qatar merilis foto wasit pada laga kedua Grup C babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Salman Ahmad Falahi akan memimpin pertandingan antara Indonesia dan Australia di Pulau Insari. Dia kemudian membantu ofisial pertandingan Qatar Ramzan Al Nuaimi dan Majid Hudaires (asisten wasit pertama dan kedua) dan Abdulhadi Al Ruwaili sebagai ofisial keempat.

Sedangkan Hamis Al Marri dan Mohammed Sharif bertugas sebagai Video Assistant Referee (VAR) wasit. Salman Falahi sebenarnya sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta sepak bola tanah air.

Foto: FIFA

Jika ditilik kembali, Salam Falahi pernah mengambil keputusan kontroversial saat wasit VAR meneguhkan gol Irak ke gawang Timnas Indonesia di Piala Asia 2023′), Indonesia kalah 1-3 di Irak pada 15 Januari 2024′.

Usai pertemuan tersebut PSSI langsung melayangkan surat protes kepada AFK. Ini merupakan perubahan format wasit yang memimpin pertandingan utama AFC.

Dan ini bukan hanya keputusan kontroversial Salman Falahi. Wasit berusia 34 tahun ini juga dikenal kemurahan hati dalam membagikan kartu.

Salman Falahi telah mengeluarkan 41 kartu kuning dan 1 kartu merah dalam 10 pertandingan sebagai pelatih tahun ini, menurut Trach Targets. Jika benar pada laga Indonesia kontra Australia, para pemain tim Garuda harus mengendalikan emosi agar tidak marah dan mempengaruhi jalannya pertandingan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours