Golf – Lima atlet SEA Games “turun gunung” ke PON

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Sebanyak lima pegolf peserta Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) 2023 di Kamboja kembali berlaga pada Pekan Olahraga Nasional Aceh-Sumut (PON) ke-21 tahun 2024.

Ketua Panitia Pegolf PON XXI Aceh-Sumut 2024 Ichsan Hakim Batubara mengungkapkan, kelima atlet tersebut akan bertanding melawan 79 pegolf lain yang mewakili masing-masing daerah.

“Dari 84 pegolf, lima akan mengikuti SEA Games 2023 di Kamboja. Mereka mewakili daerah masing-masing,” kata Ichsan saat ditemui, Kamis di Royal Sumatra Golf Course, Medan, Sumut.

Ia menyebut lima atlet yang dimaksud yakni Rayhan Abdul Latief (Sumatera Utara), Amadeus Christian Susanto (Jawa Tengah), Randy Arbenata Bintang (Jawa Barat), Kristina Natalia Yoko (DKI Jakarta) dan Rayi Geulis Zullandari (Jawa Barat).

Pertandingan golf PON 2024 berlangsung pada 12-18 September 2024. Pada hari pertama, nomor pertandingan yang dimainkan adalah tunggal putra dan tunggal putri.

Di nomor tunggal putra, Rayhan dan Randy sama-sama menempati posisi ketujuh klasemen putaran pertama dengan rekor 74 pukulan masing-masing satu atau dua over (over) par (pukulan maksimal yang bisa dicapai dalam satu putaran).

Berikutnya, Amadeus di peringkat T12 dengan tembakan 75 atau tiga over par. Pada pertandingan ini jumlah pasangan yang dipasang adalah 72 pukulan.

Di tunggal putri, Kristina berada di peringkat pertama dengan catatan 72 tembakan atau seri, sedangkan Rayi di peringkat 12 dengan 79 tembakan atau tujuh over par.

Sementara itu, Ketua Bidang Kompetisi Panitia Penyelenggara Olahraga Golf PON XXI Aceh-Sumut 2024, Nino Nasution mengatakan, para pegolf yang mengikuti PON XXI 2024 dipilih dari masing-masing provinsi.

“Bahkan mereka yang terbaik, terutama dari DKI, Sumut, Jabar, Jatim, dan Jateng. Saya kira mereka rutin mengikuti turnamen internasional,” kata Nino di kesempatan lain.

Oleh karena itu, dari total 84 pegolf yang mengikuti, kata dia, hampir seluruh atlet mengikuti turnamen internasional bernama Indonesia.

Pertandingan golf perorangan putra dan putri PON XXI 2024 akan berlangsung selama tiga hari, tepatnya pada 12 hingga 14 September 2024.

Selain dua nomor pertandingan tersebut, masih ada enam nomor pertandingan lain yang digelar pada pertandingan golf di PON ini, yakni tunggal putri, beregu putra, beregu putri, empat putra, empat putri, dan empat campuran.

Pertandingan beregu putra dan putri akan berlangsung pada 15 dan 16 September 2024, sedangkan pertandingan empat putra, empat putri, dan empat campuran akan berlangsung pada 17 dan 18 September 2024.

Di antara tujuh kompetisi tersebut, pegolf dari 23 provinsi akan memperebutkan masing-masing tujuh medali emas, perak, dan perunggu.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours