Jasamarga Transjawa prediksi 122.000 kendaraan ke Timur

Estimated read time 3 min read

Bekasi dlbrw.com – PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) memperkirakan sebanyak 122.083 kendaraan akan melintas dari wilayah Jakarta ke arah timur di Tol Trans Jawa saat perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, 13-16 mendatang. September 2024.

Total volume kendaraan yang keluar wilayah Jakarta melalui Gerbang Tol Cikampek Utama meningkat 7 persen dibandingkan lalu lintas normal sebanyak 114.095 kendaraan, kata Manajer Bisnis Bea Cukai PT Jasamarga Transjawa Pratomo Bimawan di Putran Bekasi, Minggu.

Pihaknya juga memperkirakan volume kendaraan yang masuk dari wilayah Trans Jawa bagian timur sebanyak 121.850 kendaraan atau naik 4,3 persen dari lalin normal sebanyak 116.846 kendaraan.

Peningkatan volume kendaraan di Tol Trans Jawa juga berdampak pada lalu lintas di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, yakni sebanyak 79.124 kendaraan melintasi Gerbang Tol Kalikangkung hingga Semarang, meningkat 29,7 persen dibandingkan lalin normal sebanyak 61.020 kendaraan. . Baca juga: Libur Maulid, Diperkirakan 627.000 Kendaraan Keluar Jabotabek Kendaraan tujuan Jakarta di Gerbang Tol Kalikangkung tercatat 74.694 kendaraan atau meningkat 30 persen dari lalin normal sebanyak 57.458 kendaraan, ujarnya.

Kemudian kendaraan menuju Solo melalui Gerbang Tol Banyumanik sebanyak 107.223 kendaraan, naik 15,6 persen dari lalin normal sebanyak 92.783 kendaraan, sedangkan menuju Jakarta sebanyak 84.657 kendaraan atau naik 9,2 persen dari lalin normal sebanyak 77.530 kendaraan.

Di wilayah Jawa Timur, kendaraan yang melewati pintu Tol Surabaya Warugunung sebanyak 80.788 kendaraan atau meningkat 5,6 persen dari lalin normal, dengan jumlah kendaraan sebanyak 76.494 kendaraan dan tujuan Jakarta sebanyak 74.067 kendaraan, meningkat 5,3 persen dibandingkan lalin normal sebanyak 70.324 kendaraan. Baca juga: Jassa Marga kembali menegaskan komitmen peningkatan konektivitas jalan tol

“Kami akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik di masa perpanjangan Maulid Nabi Muhammad SAW ini,” ujarnya.

Pihaknya memastikan terminal beroperasi 100 persen, termasuk optimalisasi Loket Oblique Approach dan menyiagakan Mobile Reader untuk meningkatkan kapasitas usaha di gerbang tol utama.

Pemeliharaan rutin jalan di kawasan konservasi terus dilakukan, pembersihan saluran drainase, pembersihan lubang berlubang, dan mengingatkan tim pemeliharaan untuk mengantisipasi hambatan perjalanan.

Kemudian, pada layanan area istirahat, memastikan akses air bersih, layanan bahan bakar dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam hal pengaturan lalu lintas, termasuk membuka dan menutup tempat istirahat jika diperlukan.

Pihaknya juga terus berupaya mengoptimalkan teknologi seperti penggunaan platform Intelligent Transportation System dan pengoperasian lampu lalu lintas untuk mendukung rekayasa lalu lintas yang dilakukan kepolisian.

PT JTT mengimbau para pemudik untuk memastikan kendaraannya selalu dalam kondisi prima, memiliki saldo e-money yang cukup, dan mengisi bahan bakar sebelum berangkat dalam perjalanan.

“Jika lelah berkendara, istirahatlah di tempat tujuan. Berkendara hati-hati dan ikuti peraturan di jalan tol. Informasi lalu lintas Jasa Marga Group di jalan tol dapat diakses melalui call center 24 jam di 14080 dan Travoy 4.3. aplikasi untuk pengguna iOS dan Android,” kata Bima. (KR-PRA).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours