Polisi siagakan tim khusus untuk cegah gesekan massa paslon saat debat

Estimated read time 3 min read

JAKARTA dlbrw.com – Polisi telah memperingatkan tim khusus untuk mencegah bentrokan massal antara calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Jakarta 2024.

Debat pertama akan diadakan pada Minggu malam. “Itu juga menjadi perhatian kami. Kami ingin memastikan tidak ada konflik antar masyarakat pendukung,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Susatyo Purnomo Kondro di Jakarta International Expo (JIxpo) di Kemaoran, Jakarta Pusat. Untuk mencegah konflik antar pendukung calon, pihaknya menurunkan tim tersendiri untuk setiap pasangan calon. Paslon pertama Ridwan Kamil-Suswono memiliki staf gabungan yang menjaga area debat sebanyak 175 orang, paslon kedua Dharma Pongrekun-Kun Wardana 164 orang, dan paslon ketiga Pramono Anung-Rano Karno. Jumlahnya 164 orang dan 159 karyawan. Baca Juga: Polisi Kerahkan 1.634 Petugas untuk Debat Pilkata Jakarta Perdana Meski undangan debat ini dibatasi 110 orang per pasangan calon, namun diharapkan kehadiran massa tak diundang di lokasi tertentu tetap bermanfaat. Susatyo juga menekankan pentingnya menjaga ketertiban dalam program tersebut. “Karena yang diundang untuk pasangan calon hanya sekitar 110 orang, padahal kemarin ada 500-600 orang. Sudah waktunya untuk tiga pasangan calon,” ujarnya. Ia mengimbau masyarakat yang tidak diundang tetap tertib dan dewasa dalam berdemokrasi. “Tidak boleh ada provokasi yang berujung pada konflik di luar forum debat,” kata Susatyo. Demi keamanan, KPU DKI Jakarta mengatur waktu kedatangan pasangan calon secara ketat untuk menghindari antrian di pintu masuk. Setiap pasangan calon diharapkan datang tepat waktu sesuai jadwal 15 menit yang diberikan. Baca juga: KPU DKI Pertimbangkan Gunakan Podium dalam Debat Calon Gubernur dan Kawagoeba. Polisi akan memeriksa ketat pendukung pasangan calon dan massa yang memasuki area debat dengan membawa “name tag”, gelang, dan tanda lainnya. Orang yang masuk juga diperiksa apakah ada senjata atau barang berbahaya.

Oleh karena itu, Susatyo berharap seluruh pasangan calon dapat datang tepat waktu agar tidak terjadi gangguan di lapangan.

Polisi mengerahkan 1.634 pasukan gabungan untuk debat pertama calon gubernur dan wakil gubernur (Kagab-Kawagab) Pilkada Jakarta 2024.

Personil gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan instansi terkait dikerahkan. Baca juga: Dukapil Jakarta Selatan berencana menyita 1.875 KTP elektronik bagi pemilih pemula. Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar debat pertama antara gubernur dan wakil gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta (JIXPO) di Jakarta International Expo di Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu malam.

Peserta debat adalah paslon nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun), paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doyal).

Tema debat pembuka adalah “Penguatan Sumber Daya Manusia dan Menjadikan Jakarta Kota Global”.

KPU DKI Jakarta menjadwalkan debat putaran kedua antara calon gubernur dan Kawagoe di Pilkada Jakarta pada 27 Oktober, dilanjutkan debat ketiga pada 17 November.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours