Kontingen Aceh pimpin jumlah atlet dan ofisial terbanyak pada PON XXI

Estimated read time 2 min read

Banda Aceh dlbrw.com – Tim Provinsi Aceh mencatatkan jumlah atlet dan ofisial terbanyak yang terlibat pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut tahun 2024 dengan total 906 orang.

Selain itu, jumlah pemain dan ofisial terbanyak adalah Jawa Barat sebanyak 816 orang, DKI Jakarta sebanyak 734 orang, Jawa Tengah sebanyak 525 orang, Kalimantan Timur sebanyak 407 orang, dan Bali sebanyak 386 orang.

Parade pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 digelar di Stadion Harpan Bangsa, Banda Aceh, pada Senin malam. Konferensi ini dihadiri oleh 38 provinsi dan Ibu Kota Negara Republik Indonesia (IKN).

Parade atlet dari start hingga finish menampilkan orkestra dan dua maskot PON XXI, Gajah Putih atau Po Mer dan Matra atau Harimau Sumatera.

Para pemain dan ofisial bergembira mengelilingi area utama, disambut tepuk tangan dan sorak-sorai penonton di tribun Stadion Harapan Bangsa.

Jamaah haji asal Aceh mengenakan seragam olahraga berwarna merah dengan aksen putih, kuning, dan hijau. Berjalan melewati alun-alun, mereka berbaris dan melambaikan topi putih bertuliskan “Aceh”.

Pada kesempatan tersebut, 6 atlet legendaris membawa bendera Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Diantaranya Marisnawati, Kat Rasna Aretha, Mardani, Raza Falahi, Mohammad Iqbal dan Memon.

Selain itu, empat atlet asal Ashi, Tati Ratna Ningseh, Emma Susana Madjaji, dan Alkandi menjadi atlet yang beberapa kali diberi tugas membawa obor PON. Sedangkan atlet Nooral Akmal bekerja sebagai penyala ketel utama.

Peresmian PON XXI juga diisi dengan tarian akbar yang menceritakan kekayaan alam semesta, tradisi, seni dan budaya, serta semangat Ashi. Sebanyak 873 penari asal Achena mengikuti seremonial pembukaan ajang olahraga nasional tersebut.

Pembukaan PON XXI dihadiri beberapa artis nasional seperti Taira Andini, Nabila Taqiah dan Farda.

Presiden Joko Widodo turut hadir dalam upacara pembukaan PON XXI bersama beberapa pejabat lainnya.

PON 2024 merupakan kali pertama pentas olahraga nasional multievent digelar serentak di dua provinsi, yakni Aceh dan Sumatera Utara.

Sebanyak 65 cabang olahraga, 87 disiplin ilmu, dan 1.042 nomor pertandingan digelar di 20 kabupaten/kota di Aceh dan Sumut dalam ajang kompetisi yang sekaligus menjadi panggung menampilkan hasil prestasi olahraga daerah.

Empat Daerah Otonomi Baru (DOB) yakni Papua Barat Daya, Papua Dataran Tinggi, Papua Tengah, dan Papua Selatan tampil perdana di PON dengan diikuti kontingen Ibu Kota Negara Republik Indonesia (IKN).

Setidaknya 13.000 atlet bersaing memperebutkan yang terbaik hingga upacara penutupan pesta olahraga nasional yang dijadwalkan pada 20 September 2024.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours