Pemprov Kaltim berdayakan pelaku ekraf kuliner sambut HUT RI di IKN

Estimated read time 2 min read

SAMALINDA dlbrw.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berencana memberdayakan pelaku industri kreatif (Ekraf) untuk menyajikan makanan khas daerah dalam rangka memperingati 79 tahun berdirinya Negara Republik Indonesia di Ibu Kota Negara Kepulauan (IKN).

“HUT ke-79 berdirinya Republik Indonesia merupakan salah satu agenda nasional yang harus disambut dengan baik. Selain paket wisata, makanan khas juga menjadi barang wajib untuk dipromosikan kepada tamu negara yang diundang,” Ririn Sari Dewi, Direktur dari Dinas Pariwisata Kaltim, Sabtu, kata Samarinda.

Ririn mengatakan, ini merupakan kesempatan unik bagi para pelaku industri kreatif lokal untuk menunjukkan potensi dan keahliannya dalam menyajikan kuliner khas Kalimantan Timur kepada ribuan tamu undangan.

Ankit Din, Direktur Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Kalimantan Timur, menambahkan: “Produk ekonomi kreatif sangat penting karena produk tersebut tidak hanya menghasilkan nilai ekonomi tetapi juga mewakili keunikan budaya dan kreativitas suatu negara.”

Ankit menjelaskan, apresiasi terhadap produk industri kreatif dapat berupa dukungan seperti pembelian produk, promosi atau pengakuan terhadap kualitas dan inovasi yang dihasilkan.

“Melalui apresiasi yang tepat, kita dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan lebih lanjut di sektor industri kreatif serta membangun identitas budaya yang kuat,” ujarnya.

Arta Mulia, salah satu pengusaha kuliner di Kalimantan Timur, mengatakan memperbanyak kuliner khas merupakan peluang besar untuk memperkenalkan makanan khas Kalimantan Timur kepada masyarakat.

“Gastronomi Kalimantan Timur setara dengan budaya dan daya tarik wisatanya,” kata Alta.

Ia menekankan perlunya menjamin pasokan bahan baku, memberikan pelatihan bagi karyawan industri katering, dan meningkatkan masuk pasar produk katering lokal.

“Tanpa kesatuan pemangku kepentingan terkait, rencana ini tidak akan terlaksana dengan baik,” tegasnya.

Arta berharap melalui sinergi antara pemerintah, pelaku ekonomi dan masyarakat, makanan khas Kalimantan Timur dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para tamu undangan yang berkunjung ke IKN. Baca juga: Dispar Kaltim Promosikan Destinasi Wisata di IKN. Baca juga: Dispar Kaltim Kembangkan Destinasi Pariwisata Berkualitas untuk Tamu IKN. Baca juga: Dispar Kaltim perkuat departemen kreatif sambut IKN

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours