Makan Daging Kurban tanpa Khawatir, Ini Panduan dari Ahli Gizi

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia menetapkan Idul Adha 2024 akan berlangsung pada Senin (17 Juni 2024). Idul Adha tidak hanya dikenal sebagai Idul Adha, namun juga menjadi momen yang sangat dinantikan dimana masakan berbahan dasar daging kurban dapat dikumpulkan dan dinikmati.

Untuk memastikan makan daging kurban tidak menimbulkan penyakit, ahli gizi masyarakat Dr. Tan Shot Yen tips sehat dalam mengolah dan mengonsumsi daging kurban. Tips pertama, biasakan untuk tidak memasak semuanya sekaligus, kata Dr. Tan.

Simpan dalam tas dan bekukan mentah. Daging beku bisa disimpan hingga 3 bulan. “Kalau begitu kamu bisa membuat ginseng utuh hari ini, sup minggu depan, dan kari minggu depan.” Tan Shot Yen dalam postingan Instagramnya, Minggu (16 Juni 2024).

Tips kedua dari Dr. Tan terdiri dari mengenal penyiapan daging kurban dengan bumbu. Ia menyarankan agar daging kurban tidak dibakar langsung di atas api. “Jika ingin membuat ginseng utuh, tidak masalah jika dibuat kari, daripada dipanggang langsung di atas api,” tuturnya.

Selain itu, setelah daging kurban Anda matang sebentar, biasakan untuk tidak memanaskannya berulang kali. Sebab nutrisinya hilang sehingga berdampak buruk bagi kesehatan. Selain itu, lemak dalam santan terurai menjadi gliserin saat dipanaskan, sehingga tidak baik untuk tubuh Anda.

Dr. Tan mengatakan nasihat keempat adalah jangan makan terlalu banyak daging dan ikuti pedoman diet seimbang “Isi piringku.” Menurut Kementerian Kesehatan, sebagian piring saya terdiri dari makanan pokok yaitu sumber karbohidrat yang jumlahnya dua pertiga dari setengah piring. Lalu tambahkan 1/3 porsi setengah piring pada lauknya. Separuh piring lainnya diisi 2/3 sayuran dan 1/3 buah.

“Jangan lupa isi piringmu dengan nutrisi. “Makanlah daging kurban dalam bentuk lauk yang enak dan menyehatkan, namun tambahkan juga sayur dan buah dalam menu makanan pokok Anda,” kata dr. Tan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours