Potret Kesederhanaan Paus Fransiskus Selama Kunjungan di Indonesia

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia menarik perhatian publik, terutama karena kesederhanaan yang ditunjukkan dalam perjalanan kerasulannya. Pemimpin Gereja Katolik sedunia sekaligus Pemimpin Vatikan yang akan berada di Indonesia pada Selasa hingga Jumat tanggal 3 hingga 9 September ini dikenal dengan kesederhanaan dan cintanya.

Sejak terpilih menjadi Paus baru menggantikan Benediktus XVI sebagai pemimpin Katolik dunia, Paus yang bernama asli Jorge Mario Bergoglio ini berhasil memilih nama Fransiskus menurut namanya. Alasannya, ia ingin menghormati Santo Fransiskus dari Assisi yang dikenal sangat peduli terhadap kaum proletar dan hak-hak orang miskin.

Berikut beberapa hal sederhana yang ditunjukkan Paus saat tiba dan berada di Indonesia:

1. Gunakan maskapai penerbangan komersial

Bertentangan dengan tradisi resmi di Indonesia, Paus Fransiskus menggunakan pesawat komersial selama kunjungan apostoliknya. Paus Fransiskus dan rombongan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan menggunakan ITA Airways.

Setelah terbang lebih dari 13 jam dari Roma ke Jakarta, Paus berusia 87 tahun itu meninggalkan pesawat dengan bantuan ambulans dan kursi roda untuk menghadiri upacara penyambutan.

Apa yang dilakukan Paus kemudian menarik perhatian masyarakat, apalagi kesehatannya kurang baik karena menderita hernia dan telah menjalani beberapa operasi termasuk lambung dan usus besar.

2. Mengendarai mobil Innova

Paus Fransiskus juga tidak memilih menggunakan mobil mewah saat berkunjung ke Indonesia. Menurut Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo, Paus ingin menggunakan mobil sehari-hari yang banyak digunakan masyarakat Tanah Air, sehingga ia memilih Toyota Innova Zenix sebagai mobilnya selama berada di Indonesia.

3. Jangan menginap di hotel mewah

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Paus Fransiskus juga tidak memilih hotel berbintang lima sebagai tempat istirahat. Kabarnya, Paus akan berada di Kedutaan Besar Vatikan di Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat.

4. Butuh waktu ratusan ribu jam

Dalam beberapa video yang diposting di media sosial, Paus Fransiskus terlihat mengenakan jam tangan yang sangat sederhana. Jam tangan ini diberi nama Casio MQ24-7B2 dan dibanderol dengan harga US$ 8 atau sekitar 124 ribuan.

MQ24 adalah salah satu mesin otomatis Casio termahal, dengan jumlah air terbatas, tanpa jendela tanggal, dan mesin jam bekas standar. Bagian muka jamnya juga sederhana, hanya menampilkan tiga teks: logo Casio, deskripsi mesin jam kuarsa (sangat penting), dan informasi tentang sertifikasi ketahanan airnya.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours