Pola hidup sehat dapat cegah PCOS 

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Konsultan Fertilitas RSCM Ginekologi dan Ginekologi Dr. Mila Maidarti, SpOG menjelaskan, menjaga pola makan dan gaya hidup sehat menjadi kunci pertama pencegahan sindrom ovarium polikistik (PCOS), terutama bagi generasi muda yang berisiko.

Mengontrol asupan karbohidrat dan menerapkan kebiasaan gaya hidup sehat juga dinilai penting dalam menurunkan risiko PCOS, terutama bagi mereka yang kelebihan berat badan dan resisten insulin.

“Salah satu cara mencegah PCOS adalah dengan mengatur asupan karbohidrat, karena energi berasal dari karbohidrat, namun bukan berarti kita boleh makan berlebihan. Jika tidak diimbangi dengan protein dan serat, seperti putih telur atau sayur mayur, maka risiko gula darah tinggi akan semakin tinggi yang akhirnya menyebabkan PCOS,” kata dosen Universitas Indonesia itu saat berkunjung ke ANTARA Heritage Center (AHC). ), Jakarta, Rabu.

Dr Milla menyarankan agar masyarakat mulai beralih dari nasi putih ke makanan dengan indeks glikemik rendah seperti nasi merah, nasi hitam, atau roti gandum.

Ia menjelaskan, nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi, sedangkan nasi hitam, nasi merah, atau roti gandum aman dikonsumsi karena memiliki kandungan serat yang tinggi.

Tidak hanya soal makanan, namun juga menekankan pentingnya olah raga dan menghindari pola hidup sedentary atau tidak sehat, karena malas bergerak seperti terlalu banyak duduk atau kurang bergerak sangat berbahaya.

Jadi menurutnya, bekerja sangat penting, meski jalan cepat 20-30 menit setiap hari, karena aktivitas ringan seperti jalan cepat atau jogging di pagi hari dinilai efektif menjaga tubuh kita tetap sehat dan dapat dicegah. PCOS.

Selain itu, dr Mila juga mewanti-wanti bahaya tidur nyenyak, terutama bagi generasi muda yang biasa belajar di malam hari.

“Begadang dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang bertanggung jawab atas kecepatan metabolisme. Jika selalu begadang, metabolisme akan melambat dan berat badan mudah bertambah,” ujarnya.

Menurut dr Milla, pola hidup sehat seperti tidur teratur antara jam sepuluh malam dan mengonsumsi makanan bergizi serta aktif secara fisik dapat membantu mencegah PCOS sejak kecil.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours