Gapensi NTB Berharap Pilkada Tak Hambat Laju Pembangunan Daerah

Estimated read time 2 min read

Mataram – Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) Gabungan Pengusaha Konstruksi Nasional Indonesia (Gapansi) Nusa Tenggara Barat (NTB) Agus Muladi menyoroti dampak negatif yang kerap terjadi dalam persaingan politik sektor konstruksi di NTB.

Agus menjelaskan, pada masa pemilu, laju pembangunan infrastruktur melambat. “Persaingan politik tentu akan mengganggu sektor konstruksi karena seringnya anggaran dialihkan untuk kepentingan pemilu,” kata Agus, Rabu (11/9/2024).

Ia juga menyebutkan, perlambatan ekonomi, khususnya di sektor konstruksi, sangat terlihat saat pemilu berlangsung. Situasi ini membuat anggota Gapense NTB kesulitan mendapatkan proyek pemerintah sehingga berdampak pada kelangsungan usahanya.

“Ketika proyek infrastruktur terhambat, banyak perusahaan kontraktor yang kesulitan mencari pekerjaan. Saya sebagai Presiden Gapensi NTB sendiri yang mendapatkan proyek itu karena kami mengutamakan anggotanya,” tambah Agus.

Ia mengungkapkan, proyek infrastruktur di NTB yang sebagian besar terkait dengan sektor pariwisata seringkali dilaksanakan tanpa partisipasi maksimal pengusaha lokal. Khususnya untuk proyek-proyek yang diinisiasi dari anggaran pemerintah pusat.

“Keterlibatan Gapensi NTB dalam proyek-proyek besar pemerintah pusat bahkan kurang penting.” “Terkadang kita tidak mengetahui adanya suatu proyek sampai proyek tersebut sudah berjalan,” katanya.

Agus berharap dengan terpilihnya Prabowo Sabinto sebagai presiden, perhatian lebih diberikan kepada pengusaha lokal di NTB. Ia mengatakan, Gapensi NTB siap mendukung penuh proyek infrastruktur yang digagas pemerintahan Prabowo, khususnya percepatan pembangunan di NTB.

“Kami sangat berharap program perumahan pemerintah pusat bisa dilaksanakan di NTB. Tidak hanya mengakhiri backlog perumahan, tapi juga menggairahkan perekonomian daerah,” kata Agus.

Harapan Agus didasarkan pada hubungan yang lebih erat antara Jepang dan pemerintah pusat. Ia mengapresiasi kepemimpinan Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Gyapense Andy Rukhman Karmapa yang dinilai aktif mendorong kerja sama antara pemerintah dan kontraktor anggota Gyapense.

“Bapak Andi Rukman Karumpa sebagai Ketua Umum Gapensi yang baru, telah mencapai keberhasilan yang luar biasa. Beliau banyak memberikan perhatian kepada daerah dan mendorong Gapensi di seluruh Indonesia untuk ikut serta dalam program pembangunan,” kata Agus.

Ketua Umum BPP Gapensi Andi Rukman Karumpa pun menawarkan dukungannya untuk mendukung pembangunan infrastruktur Gapensi NTB. Anggota Gapensi NTB mempunyai kapasitas yang cukup untuk menangani proyek-proyek yang akan digagas pemerintah.

“NTB mempunyai potensi besar di sektor pariwisata, dan pembangunan infrastruktur yang pesat sangat penting untuk mendukungnya. Gapensi NTB siap bekerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah untuk mencapai tujuan tersebut,” pungkas Andy.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours