Israel Tetapkan Sekjen PBB Antonio Guterres sebagai Persona non Grata

Estimated read time 2 min read

TEL AVIV – Israel menyatakan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres persona non grata setelah ia menyerukan gencatan senjata menyusul serangan Iran terhadap negara Zionis dan mengutuk eskalasi konflik di Timur Tengah.

Pada Selasa (10/1/2024), Teheran menembakkan beberapa salvo roket yang menurut Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) sebagai respons atas pembunuhan baru-baru ini terhadap para pemimpin Hamas dan Hizbullah serta beberapa generasi warga sipil di Lebanon.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz mengumumkan bahwa Guterres tidak lagi diizinkan memasuki negara kolonialnya dan menuduh Sekjen PBB gagal mengutuk Iran atas “serangan keji” tersebut.

“Siapa pun yang tidak bisa dengan tegas mengutuk serangan Iran yang gagal terhadap Israel, seperti yang dilakukan hampir semua negara di dunia, tidak layak menginjakkan kaki di tanah Israel,” tulis menteri tersebut.

“Guterres tidak mengutuk pembantaian dan kejahatan seksual yang dilakukan teroris Hamas pada 7 Oktober dan bahkan tidak mencoba mengatakan bahwa kelompok Palestina adalah kelompok teroris,” kata seorang diplomat Israel yang negaranya telah menewaskan lebih dari 41.000 orang. warga Palestina di Gaza. .

Menteri lebih lanjut bertanya: “Guterres akan dikenang sebagai noda dalam sejarah PBB karena memberikan dukungan kepada teroris, pemeras dan pembunuh dari Hamas, Hizbullah, Houthi dan sekarang Iran.”

Setelah serangan Iran terhadap Israel, kata Guterres dalam sebuah postingan di

“Ini harus diakhiri,” tulis Sekretaris Jenderal, sambil menekankan, “Kita benar-benar perlu diakhiri.”

Meskipun Guterres tidak mengomentari keputusan Israel yang melarangnya memasuki negara tersebut, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan tindakan rezim kolonial tersebut secara efektif menghilangkan wewenang PBB untuk menangani konflik tersebut.

“Secara khusus kami melihat sudut pandang Israel yang mengatakan bahwa Israel tidak mempunyai tempat di PBB. Situasi di kawasan memang sangat serius, kami menyerukan semua orang untuk menundanya,” kata Peskov.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours