Kementerian kesehatan Gaza vaksinasi polio lebih dari 72.000 anak

Estimated read time 2 min read

Kota Gaza, Palestina dlbrw.com – Otoritas Kementerian Kesehatan di Gaza pada Minggu (1/9) mengumumkan telah mampu memvaksinasi lebih dari 72.000 anak pada hari pertama kampanye vaksinasi polio, meski serangan Israel terus berlanjut. .

“Tim medis di wilayah tengah (Jalur Gaza) berhasil memvaksinasi 72.611 anak pada hari pertama kampanye vaksinasi darurat polio,” kata kementerian melalui Telegram.

Koresponden Anadolu mencatat bahwa ribuan warga Palestina telah datang ke pusat-pusat yang telah diperingatkan di wilayah tersebut untuk memberikan vaksinasi polio kepada anak-anak mereka yang berusia di bawah 10 tahun.

Menurut tim medis yang mengawasi kampanye vaksinasi di pusat-pusat vaksinasi di Deir al-Balah, tanda-tanda kelelahan dan kekurangan gizi terlihat pada ratusan anak-anak yang menerima vaksinasi karena kondisi sulit yang mereka hadapi akibat perang Israel selama hampir 11 bulan di Gaza. Resi.

Kampanye vaksinasi ini dilakukan bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) dan Badan Pengungsi Palestina Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNRWA) dan diluncurkan di Rumah Sakit Nasser setelah konferensi tekanan bersama oleh berbagai organisasi.

Majdi Duhair, ketua komite teknis yang mengawasi upaya vaksinasi, mengatakan pada hari Sabtu bahwa kampanye tersebut pertama-tama akan fokus di wilayah Gaza tengah dari tanggal 1 hingga 4 September, diikuti oleh Khan Younis dari tanggal 5 hingga 9 September dan berakhir di Kota Gaza. dan wilayah utara pada 9-12 September.

Kampanye ini dilakukan di tengah krisis kemanusiaan yang parah di Gaza, dimana konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Palestina Hamas, serta blokade Israel terhadap wilayah tersebut, telah menyebabkan kekurangan makanan, air bersih dan pasokan medis.

Kondisi yang memburuk ini telah menimbulkan kekhawatiran mengenai kemungkinan wabah penyakit, termasuk polio.

Urgensi dari kampanye ini digarisbawahi oleh konfirmasi bulan lalu mengenai kasus polio pertama di Gaza dalam 25 tahun, pada seorang anak berusia 10 bulan.

Pada tanggal 16 Agustus, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyerukan gencatan senjata kemanusiaan selama tujuh hari untuk memungkinkan 640.000 anak mendapatkan vaksinasi, permintaan yang didukung oleh UNRWA.

Kampanye vaksinasi polio ini dilakukan di tengah serangan militer Israel yang sedang berlangsung di Gaza, yang telah mengakibatkan lebih dari 40.700 warga Palestina tewas dan lebih dari 94.000 orang terluka sejak 7 Oktober tahun lalu.

Sumber: Anadolu-OANA

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours