Bantul dan TNI AL wujudkan ketahanan pangan dukung petani lahan pasir

Estimated read time 2 min read

Bantul dlbrw.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Laut menanam singkong dan merica di lahan berpasir Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Di Desa Srigading, dalam upaya mendukung petani pesisir untuk mencapai ketahanan pangan.

“Tentu ini merupakan langkah penting untuk mencapai Indonesia emas, salah satu upaya kita semua adalah mewujudkan ketahanan pangan,” kata Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo usai menebang semak di lahan pasir di sana. . Zona JJLS Bantul, Rabu.

Menurutnya, pemanenan dan penanaman cabai ini merupakan kegiatan program dan pengabdian ketahanan pangan TNI Angkatan Laut, sebagai bentuk dukungan terhadap petani dalam kegiatan budidaya tanaman pertanian.

“Dan kami berterima kasih kepada Danlanal (Panglima Pangkalan TNI AL) Yogyakarta, dan jajaran TNI AL yang kini bersama para petani, bersama mereka, bersama mereka, mendorong ketahanan pangan di Yogyakarta, khususnya di Bantul. selesai, “dia. juga berkata

Ia menambahkan, tanah berpasir di kawasan JJLS pantai selatan Bantul dikembangkan oleh petani dengan sistem tumpang sari, atau sistem tanam dengan menanam dua jenis tanaman atau lebih yang berbeda dalam waktu yang relatif bersamaan

“Kelompok tani juga menganalisis bahwa tanah di sini memenuhi kondisi yang cocok untuk proses tumpangsari, produksinya juga sangat bagus, dan kami mendukung program tumpangsari di Bantul,” ujarnya pula.

Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan TNI Angkatan Laut untuk mendukung dan mendorong para petani dalam beternak dan lain-lain guna mencapai ketahanan pangan.

Dananal Yogyakarta Kolonel Marinir Devi Arlita mengatakan, program ketahanan pangan TNI AL dipusatkan di Lampung yang disaksikan melalui video conference oleh jajaran TNI AL di wilayah tersebut, termasuk selesainya kegiatan panen bawang merah di Kabupaten Bentul.

“Hari ini, bersamaan dengan video conference, bawang merah juga dipanen di lahan berpasir dengan hasil rata-rata 10 ton hingga 15 ton per hektar, berkat kerja sama pemerintah kabupaten dan seluruh pemangku kepentingan. Di Bantul,” imbuhnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours