Yos Paguno ambil formulir untuk Caketum PP Perbasi 2024-2028

Estimated read time 2 min read

JAKARTA dlbrw.com – Yos Baguno menerima formulir pendaftaran calon Ketua Umum PP Berbasi 2024-2028 di kantor Berbasi di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Kamis.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis, Sekjen PP Berbasi Nirmala Devi mewakili Ketua Tim Jaringan Setia Dharma Madjid yang berhalangan hadir saat Yos Baguno mengambil formulir pendaftaran.

Yose Bakuno termotivasi mencalonkan diri demi kemajuan perusahaan, karena menurutnya kejuaraan provinsi di masing-masing daerah (Kezhurprov) masih kurang maksimal.

Oleh karena itu, tugas kami di PP ini adalah mendorong pemerintah provinsi untuk melakukan Gejurpro yang mencakup pemerintah kota dan pemerintah kabupaten, karena sampai saat ini masih kurangnya pembinaan di bawah, kata Yos Paguno.

Nama panggilannya sudah tidak asing lagi bagi Yos basket. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Ketua Pemerintah Kota (Bemkot) Berbasi Jakarta Timur periode 2015-2017 dan Ketua Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta periode 2017-2022.

Selain itu, pria berusia 55 tahun ini juga pernah menjadi manajer Tim Nasional Bola Basket Wanita U-16 pada Kejuaraan Wanita U-16 FIBA ​​​​Asia 2015.

Yos yang memimpin Pengpro Berbasi DKI Jakarta periode 2017-2022 ini rutin menggelar Kejurpro setiap tahunnya dan menggalakkan kejuaraan-kejuaraan di lingkungan Pemkot di DKI. Hasilnya, setiap tahunnya mereka menjuarai kelompok umur U-12, U-14, U-16, dan U-18.

Terakhir, Yos berhasil meraih dua emas pada nomor 5×5 putra dan 3×3 putri, serta dua perunggu pada nomor 5×5 dan 3×3 putri, membawa Bola Basket DKI Jakarta menjadi juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2020. DKI mencatatkan satu emas dan dua perunggu untuk mengalahkan peringkat kedua Jawa Timur.

Makanya kita undang pengurus provinsi yang aktif ke sini. Karena pengurus provinsi yang katanya aktif sekarang tidak boleh menjadi tuan rumah kejuaraan. Di provinsi masing-masing,” kata Yoss.

Selain menjadi pakar institusi di bidang bola basket, Yos pernah menjadi presiden Persatuan Pelajar Indonesia Amerika tahun 1990, Permias alias Seattle, Washington, AS. dan Ketua Umum OSIS SMP Labschool (1982 -1983).

Selain itu, Yos ingin menghidupkan kembali liga basket putri. Sebelumnya, liga bola basket putri bernama Liga Bola Basket Nasional Putri (WNBL) pada tahun 2011 hingga 2015, kemudian diubah menjadi Liga Bola Basket Indonesia Putri (WIBL) pada tahun 2016 dan Piala Srikandi edisi 2017–2019.

Pada edisi 2020, turnamen tersebut dibatalkan karena pandemi Covid-19. Sejak itu, tidak ada turnamen bola basket putri yang diadakan. Dulu klub-klub pernah punya tim putri gabungan untuk membentuk Piala Srikandi, termasuk klub saya Tanako Frisian Jakarta, kata Yos.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours