Dorong Geliat Ekonomi, Bank Jatim Salurkan KUR dalam Kegiatan K-UKM Expo 2024

Estimated read time 3 min read

SURABAYA – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Jatim) kembali menggelar pameran koperasi UKM Expo 2024 ke-11 selama 5 hari berturut-turut. Mulai 31 Juli 2024 hingga 4 Agustus 2024.

Pameran yang digelar di Kota Surabaya Raya ini dipimpin oleh Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kanwil Jawa Timur, Joko Irianto, Plt. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Ivan dan Pj Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Tulungagung Heru Suseno.

Jatim R. Arief Vikaxono, Direktur Bank Mikro, Ritel, dan Menengah, turut hadir dalam acara penyerahan Kredit Rakyat Komersial (KUR) Rp 500 juta kepada nasabah Usnida Musalamah.

Arief menjelaskan, bantuan keuangan seperti KUR sangat bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian. “Bank Jatim selalu siap menjadi mitra berbagai pihak dalam mendorong pembangunan daerah. “Insentif keuangan khusus bagi UKM yang akan memberikan dampak ekonomi dan sosial yang lebih luas,” ujarnya, Kamis (1/8/2024).

Menurut Arief, Bank Jatim selalu konsisten untuk terus mendukung usaha kecil dan menengah agar dapat terus tumbuh dan berkembang. Dengan demikian, KUR Bank Jatim diharapkan dapat memberikan multiplier effect yang dapat mendorong aktivitas perekonomian di Jawa Timur.

“Kami membiayai industri-industri yang akan menjadi motor pertumbuhan ekonomi melalui penyaluran kredit untuk mengakselerasi perekonomian nasional khususnya Jawa Timur,” ujarnya.

Pada triwulan I tahun 2024, pinjaman Bamk Jatim telah tersalurkan sebesar Rp56,9 triliun atau 18,76 persen (disetahunkan). Angka ini lebih tinggi dibandingkan rata-rata pertumbuhan PDB dalam negeri yang hanya sebesar 12,40 persen (tahun lalu). Outstanding utang, utang konsumen meningkat Rp31,3 triliun atau 7,40 persen (y/y) dan utang industri meningkat Rp25,6 triliun atau 36,34 persen (y/y).

Kemudian peningkatan kredit produksi ditopang oleh pertumbuhan yang tinggi. Terutama segmen kecil yang tumbuh sebesar 36,63 persen (tahunan), segmen ritel dan menengah yang tumbuh sebesar 58,40 persen (tahunan), dan segmen enterprise yang tumbuh sebesar 17,97 persen (tahunan).

Bank Jatim sudah memiliki platform digital bernama Jatim Kilat. Selama triwulan I 2024, Jatim Kilat memberikan credit rating sebesar Rp 1,97 triliun dan masih dalam proses sebesar Rp 375,19 miliar.

“Kami berharap besarnya kucuran kredit yang dilakukan Bank Jatim dapat turut mewujudkan impian para pelaku usaha kecil dan menengah untuk semakin besar usahanya,” ujarnya.

Joko Irianto, Pj Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kanwil Jawa Timur, mengatakan berbagai kegiatan yang digelar diharapkan dapat mendukung perusahaan untuk lebih menerapkan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG).

“Selanjutnya, penerapan SDGs mendorong perusahaan untuk menciptakan solusi inovatif untuk mencapai tujuan,” ujarnya.

Joko menambahkan melalui K-UKM Expo 2024 juga berharap dapat memperlancar pemasaran produk-produk premium daerah ke pasar nasional, regional, dan internasional. “Kami berharap melalui acara ini dapat mendukung kebangkitan perekonomian di tingkat nasional dengan memperkuat sektor koperasi, wirausaha kecil dan menengah,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours