Erick Ungkap Inovasi Yayasan BUMN Lewat Program Pikiran Terbaik Negeri

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Yayasan BUMN sukses menyelesaikan acara grand final program “Ide Terbaik Bangsa”, sebuah festival inovasi yang mempertemukan dan merayakan dampak yang dihasilkan oleh ide-ide terbaik seluruh Indonesia. . Acara yang diselenggarakan di Ciputra Artpreneur ini menandai puncak dari inisiatif transformasi yang diresmikan oleh Menteri Negara Eric Thohir sebagai jawaban terhadap kebutuhan akan solusi berkelanjutan di sektor kesehatan dan lingkungan.

Eric mengatakan, saat ini Yayasan BUMN terus bertransformasi menjawab tantangan masa depan seperti kesehatan ibu dan anak, masalah kesehatan mental, dan masalah kerusakan lingkungan. Untuk itu, Eric menyoroti pentingnya kolaborasi lintas sektor untuk mencapai dan mempercepat transformasi tersebut. 

“Kita tidak bisa berjalan sendiri, harus ada kerja sama yang strategis, ide-ide inovatif, kreatif yang berdampak positif dan luas bagi masyarakat dan lingkungan hidup. Kita juga memerlukan roadmap yang terukur masing-masing bidang, bersama Yayasan BUMN induk menyelenggarakan acara,” kata Eric kepada Ciputra Artpreneur, Jakarta, Minggu (25/8/2024).

Eric mengatakan, program Pemikiran Terbaik Tanah Air sendiri menggandeng ANGIN sebagai pelaksana program, seluruh BUMN Venture Capital, beberapa media partner, serta mitra sosialisasi yang memastikan bahwa penerima manfaat program tersebut berada pada jalur yang benar. Tujuannya adalah untuk menemukan ide dan inovasi terbaik yang dapat memberikan solusi terhadap permasalahan di masa depan.

“Inilah solusi yang ingin dihadirkan oleh 20 besar inovator melalui program Ide Terbaik Negeri Yayasan BUMN. Saya mengucapkan selamat kepada para finalis. Program ini menyalurkan dana hibah hingga Rp3 miliar untuk mewujudkan ide menjadi kenyataan, menjadi solusi inovatif. Eric.

Ketua Yayasan BUMN Syafuan mengatakan Grand Final bukan sekedar kompetisi pitch. Syafuan mengatakan, program ini juga menjadi ajang pertukaran ide dan kerja sama. Yayasan Syafuan BUMN menyediakan wadah khusus dimana peserta, komunitas, pengunjung, pemodal ventura, dan panelis dapat bertukar pikiran dan menjalin koneksi. Dari diskusi panel hingga sesi networking, setiap aspek acara dirancang untuk memaksimalkan interaksi produktif.

“Pada kesempatan ini tidak hanya rekan-rekan saja yang hadir, namun juga tiga inovator berprestasi, satu dipilih masyarakat dan satu lagi dipilih media sosial,” kata Syafuan. 

Pemenangnya adalah : Juara 1 Gede Jamur, Juara 2 BIKI, Juara 3 ehealth.co.id. Peserta juga berkesempatan menjadi favorit masyarakat dan media sosial.  Arkonia menjadi pemenang terfavorit pilihan masyarakat dan pemenang terfavorit menurut media sosial Prenatal Institute.

Usai acara presentasi grand final hari ini, para peserta akan terus memprogram para pemikir terbaik tanah air selama tiga bulan ke depan. Program ini merupakan laporan mengenai pelaksanaan dan dampak proyek.

Syafuan mengatakan laporan dampak akan memuat informasi pelaksanaan program dan dampak Program Ide Terbaik Nasional terhadap lingkungan dan proyek sosial peserta. Kemudian, di akhir program Best Minds in the Country, seluruh peserta akan mempresentasikan karyanya pada acara demonstrasi terakhir pada bulan November 2024.

“Yayasan BUMN mengajak seluruh pihak untuk bergabung, berkolaborasi, dan berinovasi bersama dalam upaya masa depan ini. Dengan semangat kolektif dan komitmen yang kuat, kita dapat melipatgandakan dampak dan menginspirasi perubahan nyata untuk membangun pikiran, tubuh, dan alam Indonesia. kata Sayfuan. 

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours