PNM kelola ekosistem terumbu karang tumbuhkan ekonomi wilayah pesisir

Estimated read time 2 min read

Banyuwangi dlbrw.com – PT Pramodalan Qaumi Madani (PNM) mengelola ekosistem terumbu karang untuk meningkatkan perekonomian di wilayah pesisir.

Sekretaris Perusahaan PNM L. Dodot Patria Arya mengatakan keberadaan terumbu karang yang sehat akan berdampak pada lingkungan dan perekonomian masyarakat pesisir yang sangat bergantung pada ekosistem laut.

“Terumbu karang yang sehat membuat populasi ikan melimpah sehingga masyarakat pesisir bisa lebih banyak berjualan dan meningkatkan pendapatan,” kata Dodot, Kamis di Pantai Bunserang, Kabupaten Baniwangi, Jawa Timur.

Tak hanya itu, kata dia, terumbu karang bisa dijadikan perhiasan sekaligus berbagai produk yang sangat dikomersialkan.

PNM berkomitmen untuk menciptakan kehidupan laut dan pesisir yang lebih baik. Salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah penanaman dan pengelolaan ekosistem terumbu karang.

Dodot berharap masyarakat dapat memetik manfaat dari program konservasi ini dengan memanfaatkan peluang ekonomi yang ada di dalamnya secara bijaksana.

Tentu saja pelestariannya memerlukan kesadaran yang tinggi baik dari masyarakat pesisir maupun wisatawan.

Dodot yakin dengan kondisi laut yang sehat, Indonesia bisa semakin maju. Namun tentunya perlu dukungan dan kerjasama berbagai pihak dalam pengembangannya.

“Sektor maritim sangat penting bagi Indonesia sebagai negara kepulauan sehingga memerlukan kerja sama aktif seluruh elemen masyarakat.” “PNM akan terus berupaya menghadirkan program-program berkelanjutan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir,” ujarnya.

Terumbu karang berperan penting dalam menjaga kesehatan ekosistem pesisir.

Dengan menanam terumbu karang, PNM berharap dapat mendukung pengelolaan laut berkelanjutan, menciptakan lapangan kerja dan mendukung perekonomian lokal melalui ekowisata.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours