Tim PKM UMJ Beri Bantuan Panel Surya ke Petani Hidroponik di Pesanggrahan

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA — Tim Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) membantu kelompok tani di Pesanggrhan memasang panel surya, Jakarta Selatan, pada Sabtu (14/9/2024). Kelompok tani tersebut merupakan bagian dari Pusat Pelatihan dan Pertanian Perdesaan (P4S) di Pesangarahan. Menggunakan panel surya untuk pompa air hidroponik.

Tim PKM UMJ Lorenta Pada Haryanto, SE., M.Si., Darto, SE., MM., dan Prof. Dr. Tn. Tri Uni Hendrawati, master dan dua orang mahasiswanya yaitu Febri Yani dan Firgi Adha Listanto. Mereka sedang menjalankan program PKM bertajuk “Peningkatan Profitabilitas Total Tanaman Hidroponik Menggunakan Teknologi Panel Surya untuk Pompa Air Garam”.

Pekerjaan ini merupakan implementasi kontrak DRTPM Kemdikbudristekdikti No. 125/E5/PG.02.00.PL/PM.BARU/2024 Hibah sebesar Rp 39 juta. Dikenal karena efisiensi penggunaan air dan nutrisi, hidroponik memerlukan pemantauan dan pengendalian aliran air secara konstan. Penggunaan panel surya sebagai sumber tenaga pompa air menawarkan banyak keuntungan.

Pemasangan panel surya dapat dilakukan di tingkat manapun, seperti konstruksi atap atau lahan kosong, tanpa mengganggu penggunaan lahan yang ada. Teknologi penyimpanan baterai mengatasi masalah ketergantungan cuaca dan menjamin pasokan listrik yang andal.

Ketua tim PKM UMJ Lorenta saat itu mengatakan, petani tidak hanya menekan biaya tenaga kerja dengan menggunakan energi surya, tetapi juga menggalakkan penggunaan teknologi yang menjaga lingkungan di rumahnya.

Harapannya, pemanfaatan energi bersih dari matahari akan mengurangi jejak karbon dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya energi terbarukan, jelasnya.

Menurut Lorenta, Ketua P4S Hidroponik Generik Latifah sangat berterima kasih atas program Tim PKM UMJ. Sebab, membantu aktivitas berkebun Anda dan tidak perlu khawatir lagi akan mati listrik.

“Sebelumnya biaya listrik mencapai 1,5 juta dolar per bulan, namun dengan hadirnya panel surya kemungkinan penurunan biaya listrik bisa lebih dari 40 persen,” ujarnya.

Sebelumnya tim PKM UMJ memaparkan peralatan dan pelatihan P4S Hidroponik Generik pada Selasa (3/9/2024). Perakitan hidroponik ini menggunakan sistem Nutrient Film Technique (NFT).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours