Sandiaga Uno Bakal Revitalisasi Gunung Pancar untuk Tarik Kembali Wisatawan

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengumumkan rencana menghidupkan kembali Taman Wisata Alam Gunung Pancar, Bogor, Jawa Barat, untuk kembali menarik wisatawan setelah destinasi tersebut mengalami penurunan jumlah pengunjung.

Rencana revitalisasi ini dilaksanakan menyusul beredarnya video yang memperlihatkan kawasan terlantar di Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Hal ini diduga akibat maraknya praktik pungutan liar atau disebut pungli.

Dilihat dari unggahan akun TikTok @adengider, objek wisata Gunung Pancar terlihat sepi pengunjung. Kawasan ini tidak ramai dikunjungi pengunjung yang biasa menikmati liburan di destinasi wisata alam ini.

Terkait hal itu, Sandiaga mendorong keterlibatan pemerintah daerah dan masyarakat dalam penataan destinasi wisata tersebut. Hal ini memastikan pengalaman perjalanan yang lebih menyenangkan dan aman.

“Saya sudah sampaikan selama ini, kalau wisatawan dianiaya, berhenti. Buktinya di Gunung Pancar,” kata Sandigaga dalam mingguan online Bersama Sandiaga Uno, Senin (10/7/2024).

“Kita akan menyelenggarakannya bersama kelompok sosialisasi pariwisata yang melibatkan pemerintah setempat. Kita akan menyelenggarakannya dalam bentuk desa wisata yang dapat memberikan akses lebih besar terhadap kearifan lokal,” lanjutnya.

Sandiaga menjelaskan, mereka berharap desa wisata yang akan dipasarkan di Gunung Pancar kembali menjadi atraksi yang menarik wisatawan. Apalagi pesona alam destinasi ini begitu menawan dan penduduk setempatnya ramah-ramah.

Sandiaga berharap revitalisasi tersebut dapat berjalan lancar dan mendapat dukungan masyarakat untuk menghidupkan kembali Gunung Pancar sebagai destinasi wisata.

Sehingga pengalaman berwisata bisa kembali menyenangkan, aman dan nyaman. Dukungan masyarakat juga baik untuk kebangkitan Gunung Pancar yang sempat terpuruk, jelas Sandiaga.

Sementara itu, Pj Walikota Bogor dan Kepala BPSDM Provinsi Jawa Barat Dr. Hery Antasari mengungkapkan, persoalan pungli ini ditangani langsung oleh Plt Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin.

Ia mengungkapkan, Polda Jabar bersama Satgas Saber Pungli Jabar akan turun tangan mengatasi permasalahan pungli di destinasi wisata tersebut.

“Kebetulan Pj Gubernur Jabar kemarin sudah rapat khusus mengenai hal ini. Maka bersama Saber Pungli Jabar dan Polda Jabar, Gubernur menyikapi langsung hal ini,” kata Hery.

“Dan sungguh sangat miris sekali. Saya berharap segera teratasi dan Gunung Pancar bisa dihidupkan kembali,” tutupnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours