Sejumlah Pj kepala daerah raih apresiasi dorong kesejahteraan-ekonomi

Estimated read time 3 min read

Jakarta dlbrw.com – Kementerian Dalam Negeri dan Grup Media Tempo memberikan penghargaan kepada sejumlah Pj Kepala Daerah (Pj) yang berhasil membawa kemajuan di daerahnya, khususnya di bidang kesejahteraan, pelayanan publik, dan perekonomian daerah.

Dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menekankan pentingnya evaluasi yang adil dan obyektif terhadap kinerja PNS. kepala departemen

Menurutnya, penganugerahan penghargaan “Apresiasi Kinerja Pengawas Daerah Tahun 2024” ini bukan sekedar seremoni, namun sebagai upaya menciptakan lingkungan persaingan yang sehat.

Tito pun berharap penghargaan ini dapat mendorong para pengelola daerah untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

Sedangkan proses penjurian penghargaan sepenuhnya dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri bersama Tempo Media dan juri ahli yaitu Irjen Kemendagri Tamsi Tohir Balao, Irjen RI Mohammad Najeh, Direktur BRIN. Siti Zahro, Peneliti Politik, Geoffrey Rahman, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Negara dan Otonomi Daerah, dan Aref Zolkifli, Direktur Tempo Media Group.

Berdasarkan kinerja dua triwulan atau enam bulan terakhir, klasifikasi evaluasi meliputi tiga kategori penilaian kinerja secara keseluruhan, kesejahteraan masyarakat, pelayanan publik, perekonomian daerah berdasarkan kekuatan keuangan daerah, yaitu keuangan tinggi, keuangan sedang, dan keuangan rendah. . . keuangan

Tempo juga memperkuat hasil evaluasi tersebut dengan melakukan survei bersama tSurvey untuk mengetahui kepuasan masyarakat terhadap kategori tersebut.

Proses selanjutnya adalah penilaian dan pemilihan finalis. Para finalis kemudian berkesempatan untuk mempresentasikan prestasi pada kategorinya di hadapan juri.

Selama dua hari tanggal 8-9 Agustus 2024, Gubernur, Pj Raja Muda dan Pj Walikota menjelaskan prestasinya kepada juri. Usai pemaparan, panitia evaluasi membahas para pemenang ucapan terima kasih atas keberhasilan kerja pengawas daerah tahun 2024.

Dari total 20 provinsi dan 145 kabupaten/kota yang dievaluasi, terpilih 11 orang pemenang di tingkat provinsi dan 9 orang di tingkat kabupaten/kota. Dengan adanya penghargaan ini, kami berharap semangat sukses di kalangan Pj terus berlanjut. Pemimpin daerah, demi pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

Terdapat tiga kelompok penilaian yang terdiri dari aspek kesejahteraan manusia, pelayanan publik, dan perekonomian daerah. Selain itu, penilaiannya juga didasarkan pada tiga kelompok yaitu keuangan tinggi, keuangan sedang, dan keuangan rendah.

Pada tingkat provinsi, kategori kinerja keseluruhan klaster Mali Tinggi diraih oleh Provinsi Bali, Mali Tengah Sumatera Selatan, dan Mali Rendah Sulawesi Barat.

Selain itu, pada kategori Kesejahteraan Rakyat, Jawa Barat menjadi juara untuk provinsi anggaran tinggi, Banka Belitung untuk provinsi anggaran menengah, dan Sulawesi Barat untuk provinsi anggaran rendah.

Kemudian pada kategori pelayanan publik, Kalimantan Timur meraih juara untuk provinsi anggaran tinggi, Banka Belitung untuk provinsi anggaran menengah, dan Papua Barat untuk provinsi anggaran rendah.

Kemudian, kategori perekonomian daerah provinsi beranggaran tinggi dimenangkan oleh Kalimantan Barat, provinsi beranggaran menengah Sumatera Selatan, dan provinsi beranggaran rendah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sedangkan dua provinsi lainnya mendapat pengakuan khusus, yakni DKI Jakarta pada kategori Keuangan Sangat Tinggi dan Papua Tengah pada kategori Perempuan Inspiratif.

Sementara di tingkat kabupaten/kota, klaster kategori keuangan tinggi secara keseluruhan diraih oleh Kota Bekasi, Kota Keuangan Menengah Malang, dan Kabupaten Keuangan Rendah Batang.

Selain itu, pada kategori Kesejahteraan Rakyat, kabupaten/kota dengan anggaran tinggi adalah Kabupaten Gianyar, kabupaten/kota dengan keuangan sedang adalah Kota Malang, dan kabupaten/kota dengan anggaran rendah adalah Kabupaten Pasir Panjam Utara.

Kemudian, kategori pelayanan publik kabupaten/kota beranggaran tinggi diraih Kabupaten Tangerang, kabupaten/kota beranggaran menengah diraih Kota Malang, dan kabupaten/kota beranggaran rendah diraih Kabupaten Jepara.

Kemudian, kategori perekonomian daerah kabupaten/kota beranggaran tinggi diraih oleh Kota Bekasi, kabupaten/kota beranggaran menengah diraih oleh Kota Bandung, dan kabupaten/kota beranggaran rendah diraih oleh Kabupaten Tanah Laut.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours