Polisi Kerahkan 1.949 Personel Gabungan Kawal Aksi Unjuk Rasa di Patung Kuda

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Sebanyak 1.949 personel gabungan dikerahkan untuk mengawal aksi demonstrasi Korps Koordinasi Pembentukan Kabupaten Syangkatan dan sejumlah massa di Patung Kuda, Jakarta Pusat.

“Untuk menjamin kelancaran demonstrasi Badan Koordinasi Pembentukan Kabupaten Syangkatan dan berbagai elemen massa, kami melibatkan 1.949 pasukan gabungan,” kata Kombes Polres Metro Jakarta Pusat, Rabu (31/7/2024). Purnomo Condro.

Susatyo mengatakan, personel gabungan yang dikerahkan nantinya akan ditempatkan di berbagai titik di sekitar patung kuda Monas. Pengamanan juga telah dilakukan terlebih dahulu dengan menyiapkan sejumlah personel untuk memberikan pengamanan dan mencegah massa aksi memasuki Istana Negara, ujarnya.

Saat ini, pengalihan arus lalu lintas di sekitar patung kuda Monas dan tempat lainnya bersifat situasional mengingat banyaknya orang yang berada di lapangan.

“Kalau kerumunannya tidak banyak maka arus lalu lintas normal seperti biasa. Nanti kita lihat jumlah kerumunannya. Jika kerumunan di sekitar patung kuda Monas cukup banyak dan kemacetan bertambah, maka arus lalu lintas akan mengalir ke Jalan Merdeka Barat. Dialihkan,” ujarnya.

Susatio mengimbau kepada para koordinator lapangan (corlap) dan para narasumber untuk menjaga pidatonya tetap santun dan tidak memprovokasi massa.

Tunjukkan perdamaian, jangan memaksakan kehendak, jangan anarkis, dan jangan merusak fasilitas umum. Hormati dan hormati pengguna jalan lain yang akan melewati patung Kuda Monas dan tempat lainnya, jelasnya.

“Tidak ada personel yang terlibat dalam pengamanan yang membawa senjata api. Hargai dan hormati saudara-saudara kita yang mau menyampaikan pandangannya di depan umum dengan cara yang manusiawi dan profesional,” lanjutnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours