KILA Dekatkan Anak dengan Lagu Tradisi

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA –Departemen Film, Musik, dan Media Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menegaskan komitmennya untuk menghadirkan musik anak-anak yang lebih berkualitas melalui pentas musik Kita Cinta Lagu Anak Indonesia (KILA) 2024.

Direktur Film, Musik, dan Media Ahmad Mahendra mengatakan KILA merupakan contoh nyata upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menciptakan ekosistem musik Indonesia dan mensosialisasikan musik anak Indonesia agar dapat dinikmati banyak penikmat musik anak. mereka

“KILA merupakan wadah dan cara mendekatkan anak pada kekayaan musik dan lagu daerah. KILA mendorong terciptanya aransemen lagu anak yang berakar pada kearifan lokal,” kata Mahendra.

Ia meyakini belantika musik KILA telah berperan penting dalam melahirkan banyak karya musik yang mengandung kekayaan budaya dan kearifan lokal, sehingga berkontribusi terhadap tumbuhnya musisi muda berbakat di Indonesia.

Mahendra menambahkan, KILA merupakan jawaban atas kerinduan masyarakat terhadap lagu anak-anak yang bertujuan untuk membina, menghibur dan membina karakter anak.

Oleh karena itu, kami menghimbau seluruh masyarakat untuk mendukung terciptanya sistem pendidikan yang aman, nyaman dan beretika, meningkatkan kualitas lagu dan musik anak.

Sementara itu, pada tahun 2024, KILA akan menyelenggarakan konser lagu anak-anak bertajuk Simfoni Sahabat Nusantara pada Jumat (9 Juni 2024) di Plaza Insan Berprestasi Gedung Kemendikbudristek yang menampilkan beberapa duta KILA tahun ini yang menyanyikan lagu-lagu baru. para pemenang. lomba kreasi 2024, revisi 2024.

Sebagai informasi, berikut daftar enam pemenang lomba menyanyi KILA 2024: Emilia Bening Nirvasita, Gendhis Nauli Gritalia Utama, Aji Saputra, Zaneta Miracle Sitorus, Luna Clara Ecclesia Nauli P, dan Sheena Ulkema Nadine.

Sedangkan pada kategori penulisan lagu KILA 2024 terpilih enam kontestan: Aprianto (Kecantikan Indonesia), Leonardo Agus Wahyudi M (Pemeran Kendang), dan Atielda Ashley Renova T (Kegembiraan Menjadi Anak Indonesia). . , Felicia Chandra (Diversity United), Ria Faing Kanisa (Indonesia Kaya), Dwiarfita Octaviani & Andro Bascoro (Harmoni Nusantara).

Terakhir, Sylvester Pervito Atang Muda, pemenang kategori komposisi lagu anak daerah, menjadi juara dengan lagunya Cik-Cik Periuk dari Kalimantan Barat.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours