UNHCR: 100.000 ribu warga menyelamatkan diri dari Lebanon ke Suriah

Estimated read time 1 min read

London dlbrw.com – Sekitar 100.000 warga Suriah dan Lebanon telah meninggalkan Lebanon ke Suriah akibat serangan Israel yang sedang berlangsung, kata Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi pada Senin (30 September).

“Jumlah orang yang melintasi perbatasan ke Suriah dari Lebanon untuk menghindari serangan udara Israel, baik warga Lebanon maupun Suriah, telah mencapai 100.000 orang. “Aliran pengungsi terus berlanjut”, tulis Filippo Grandi dalam X.

“UNHCR (Badan Pengungsi PBB) hadir di empat penyeberangan bersama otoritas setempat dan @SYRedCrescent untuk mendukung para pendatang baru,” tambah Grandi.

Sejak 23 September, Israel telah melancarkan serangan udara skala besar terhadap apa yang disebut sebagai sasaran Hizbullah di seluruh Lebanon, menewaskan lebih dari 900 orang dan melukai lebih dari 2.700 orang, menurut kementerian kesehatan Lebanon.

Beberapa komandan Hizbullah tewas dalam serangan tersebut, termasuk Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah yang tewas dalam serangan udara di Beirut pada Jumat (27/09).

Hizbullah dan Israel telah terlibat dalam perang lintas batas sejak dimulainya perang Israel di Gaza, yang menewaskan sekitar 41.600 orang, kebanyakan wanita dan anak-anak, menyusul serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober. tahun lalu. . .

Komunitas internasional telah memperingatkan bahwa serangan Israel ke Lebanon dapat meningkatkan konflik di Gaza menjadi perang regional yang lebih luas.

Sumber: Anatolia

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours