YKI tingkatkan kesadaran masyarakat terhadap kanker melalui musik

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Yayasan Kanker Indonesia (YKI) akan menggelar pertunjukan musik “Nuraniku Perjuanganku” dengan tujuan utama untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kanker melalui karya seni musik.

“Bagi para pengidap kanker, termasuk keluarga, kerabat, dan sahabat, musik dapat menjadi oase di tengah perjalanan pengobatan yang sulit,” kata Ketua Umum YKI Aru Wisaksono Sudoyo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menurutnya, pertunjukan musik tersebut merupakan kolaborasi lintas usia dan kebangsaan yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap penyakit kanker melalui karya seni.

Ia menjelaskan, musik merupakan bahasa universal yang dapat dianut oleh berbagai kalangan, terutama karena musik dapat menenangkan, membangkitkan semangat, menginspirasi bahkan menyembuhkan serta menjadi penunjang ketika seseorang sedang menjalani beratnya pengobatan.

Aru menuturkan, pertunjukan musik karya Kuknor Hayono Isman, Maya Jamhari Sirat, dan Ivan Jokomono ini digelar pada 20 Agustus 2024 di Ballroom Teater Jakarta dengan menampilkan 205 aktor dan lebih dari 800 penonton.

“Antusiasme penonton menjadi tanda bahwa kesadaran masyarakat terhadap pencegahan kanker semakin meningkat,” ujarnya.

Pertunjukan dimulai dengan solo piano, pertunjukan musikal berdurasi 150 menit yang terdiri dari 10 pertunjukan terus menerus, dan diakhiri dengan lagu khusyuk “Raiwan Pulau Kelapa”.

Ketua Panitia Pertunjukan Musik Mohammad Reza Irawan mengatakan, ada artis yang selamat dari penyakit kanker YKI dan membawakan lagu “One Moment in Time”.

Pertunjukan juga dimeriahkan dengan kehadiran artis Isyana Saraswati yang membawakan lagu “Bearing Through Twilight” bersama Vidi Aldiano dan lagu “Tiba-tiba” yang diaransemen oleh komposer ternama Erwin Badudu bersama Paul Siddhartha. sebuah lagu tentang melawan kanker.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur dan sponsor serta 205 artis yang telah berkontribusi aktif untuk memastikan acara musik ini dapat berlangsung tepat waktu.”

Penggagas pertunjukan musikal tersebut, Kuknor Hayono Isman, menjelaskan bahwa “Hati Nuraniku, Perjuanganku” memiliki arti mempersatukan, menunjukkan, mewakili dan berkontribusi terhadap hati nurani para penyintas, dokter, keluarga, tokoh masyarakat dan relawan yang menghadapi permasalahan untuk berekspresi. Menangkan perjuangan melawan kanker.

“Pertunjukan ini mengajak masyarakat untuk peduli terhadap sesama melalui lagu-lagu yang indah, lirik yang menyenangkan dan membahagiakan, musik, kostum dan gaya yang menarik serta penyampaian cerita yang bermakna,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours