Rencana Konser Bruno Mars di Jakarta: Antara Hiburan dan Tuduhan Dukungan Zionisme

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, JAKARTA — Penggemar Bruno Mars mendapat kabar gembira dengan diumumkannya konser sang musisi di Jakarta pada 13 dan 14 September 2024. Kata orang yang mengumumkan konser Bruno Mars, PK Entertainment akan menggelar konser. di Stadion Internasional Jakarta (JIS).

Namun, di balik euforia tersebut, muncul kontroversi yang mengaitkan konser penyanyi bernama asli Peter Gener Hernandez itu dengan dukungan terhadap Zionisme Israel. Alhasil, muncul seruan untuk membatalkan konser bertajuk “The 24K Magic World Tour” di Indonesia tersebut.

Pengumuman konser Bruno Mars menimbulkan reaksi berbeda dari netizen. Salah satu reaksi datang dari tudingan Bruno Mars adalah pendukung Zionis. Dugaan ini bermula karena Mars menggelar konser di Tel Aviv, Israel pada 4 Oktober 2023. Seperti dilansir Times of Israel, lagu “Just The Way You Are” mengawali konser dengan membawakan “24K Magic”, sebelum pindah. ke “Kemahiran” dan “Harta Karun.”

Penonton bersorak dan bersorak saat dia mengungkapkan banyaknya penelitian yang telah dia lakukan sebelum datang ke Israel. Mars mengisi konser dengan sorak-sorai penonton, seperti menyanyikan “Calling All My Lovelies” sambil mengucapkan “Ani Ohev Otach” yang berarti “Aku mencintaimu”, yang membuat penonton terpesona.

Bruno juga berkata, “Tel Aviv, sepertinya aku ingin menikah denganmu!” disusul tepuk tangan dari penonton. Bruno Mars dijadwalkan tampil kembali di Tel Aviv pada 7 Oktober 2023. Namun konser tersebut dibatalkan ketika Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa Israel sedang memulai perang yang panjang dan sulit dengan Hamas.

Kritik pedas dari netizen muncul di akun Instagram promotor konser tersebut. “Semua mata tertuju pada Rafah, tapi kami suka dengan konser zionisnya,” kata @wi*** di halaman komentar akun Instagram PK Entertainment.

“Menurutku dia bukan zionis, itu yang membuatnya senang. Setelah kita tahu ya, ayo kita boikot,” sahut netizen lainnya.

“Saya mengetahui beberapa hari yang lalu bahwa dia mendukung Israel, meskipun dia telah menjadi penggemarnya sejak sekolah menengah. Maaf Mas Bruno, aku akan mengeluarkanmu mulai sekarang,” jelas akun Instagram @fafahir*** dengan tagar #FreePalestine.

Tak hanya di Instagram, seruan boikot juga dilontarkan melalui akun X mereka. Hal ini bermula dari berkumpulnya media Malaysia untuk menampilkan kegagalan mereka dalam konser Bruno Mars di Tanah Air pada 17 September 2024 di Stadion Nasional Kuala Lumpur, Bukit Jalil.

“Bruno Mars itu seorang zionis, tentu saja dia diabaikan sama sekali di Malaysia, baik dia ada di sini atau tidak,” kutip akun X @t0***.

Di sisi lain, para penggemar Bruno Mars justru membela idolanya tersebut dengan mengatakan bahwa ia tidak pernah secara terbuka menyatakan dukungannya terhadap Zionisme. Mereka pun mengklaim bahwa penggemar berhak menikmati musik Bruno Mars.

“Oke, bagi yang menganggap dia zionis ya, tapi jangan nonton, tapi jangan batalkan konsernya, aku sudah lama menyukainya dan menonton konsernya adalah salah satu La My bucket list Itu Terserah semua orang mau nonton atau tidak, “Jangan judge orang yang mau nonton,” tulis @lyvie.d***.

Seperti yang ditulis oleh akun Instagram @omalex1***, “Michael Jackson pernah konser di Israel atau disebut Zionis? Bagaimana dengan orang-orang yang memujanya dan datang ke zaman sekarang, seperti artis, kpop, dll. disebut mereka yang mendukung Israel?”

Ada juga cerita @rinhandayani*** yang mengatakan: “Saya hanya perlu mengatakan ‘Saya suka Tel Aviv’, tapi jika dia mengadakan konser di Zimbabwe, dia juga akan mengatakan ‘Saya kamu cinta Zimbabwe’.”

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours