Komisi VI DPR Dukung Pembagian Dividen BRI

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA — Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi PAN Jon Erizal menyambut baik rencana penerbitan saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Jon mengatakan skema ini akan membawa banyak manfaat bagi BRI, masyarakat, dan negara.

Saya berharap pemerintah melalui Kementerian BUMN dan OJK yang menjaga aturan ini bisa menyetujui karena banyak manfaatnya bagi BRI, pemerintah, dan masyarakat, kata Jon di Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Jon menjelaskan, fundamental BRI saat ini sangat baik dengan rasio kecukupan modal (CAR) di atas 25 persen atau jauh di atas rasio kecukupan modal minimum sebesar 7,75 persen. Jon meyakini pembagian dividen empat kali dalam setahun akan meningkatkan harga saham BRI di lantai bursa.

“Respon masyarakat pasti akan lebih besar karena bisa mendapatkan keuntungan. Yang berinvestasi di saham BRI akan lebih bahagia dan harga saham BRI juga bisa membaik,” kata Jon.

Jon mengatakan pemerintah sebagai pemegang saham mayoritas akan mendapatkan keuntungan dari skema ini. Pasalnya, pemerintah tidak perlu menunggu hingga akhir tahun untuk menerima pembayaran dividen dari BRI.

“Jika penerimaan dividen bisa dialokasikan lebih awal, maka akan memudahkan pemerintah dalam mengelola penerimaannya, dibandingkan menunggu hingga akhir tahun,” lanjut Jon.

Jon yakin hal ini akan membantu pemerintah melaksanakan rencana belanja jangka pendek. Jon mengatakan, dana hibah BUMN selama ini banyak dilibatkan untuk mendukung program pemerintah.

Menurut Jon, rencana saham tersebut merupakan penemuan pimpinan Kementerian BUMN di bawah Menteri BUMN Erick Thohir. Jon meyakini skema pembayaran dividen akan berdampak signifikan terhadap perekonomian, apalagi jika diikuti oleh BUMN lain yang juga memiliki kinerja baik dalam beberapa tahun terakhir.

“Bagaimanapun pemerintah mempunyai pilihan pendapatan negara dalam jangka pendek. Nilainya sendiri sangat bagus, apalagi jika diikuti oleh BUMN lain seperti Bank Mandiri dan BNI,” kata Jon.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours