Prancis Vs Belanda: Total Football Oranje Beradu Efektivitas Les Blues Dini Hari Nanti

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Belanda dan Prancis di pentas Euro 2024 bertemu pada laga kedua Grup D di Red Bull Arena, Sabtu (22/6). /2024) pukul 02.00 WIB.

Kedua tim sama-sama mengantongi tiga poin. Belanda mendapatkannya dengan mengalahkan Polandia 2-1, sedangkan Prancis mengalahkan Austria 1-0.

Pemenang laga ini belum tentu bisa menjadi juara grup karena masih bergantung pada hasil laga Polandia vs Austria yang akan dimulai tiga jam sebelumnya. Namun jika kurang beruntung, pemenang laga Oranje melawan Les Bleus bisa naik ke peringkat ketiga jika kalah di laga terakhir sehingga membuat tiga tim bisa mengumpulkan enam poin di klasemen akhir Grup D.

Namun slot babak 16 besar juga diberikan kepada empat tim peringkat ketiga terbaik, dengan tim dengan enam poin dijamin lolos ke babak sistem gugur. Pasalnya, dari Grup A hingga C yang sudah memainkan dua pertandingan, tim peringkat ketiga tidak bisa meraih enam poin.

Artinya, pemenang duel Belanda vs Prancis akan mendapatkan tiket ke babak 16 besar, terlepas dari lolos sebagai juara grup, terbaik kedua atau ketiga.

Laga yang dilangsungkan di kandang RB Leipzig ini akan menjadi laga keempat kedua tim di Piala Eropa.

Prancis memenangkan pertemuan pertama di perempat final Euro 1996 yang dilanjutkan ke adu penalti. Belanda membalasnya masing-masing di fase grup Euro 2000 dan Euro 2008.

Sejak itu, dari delapan pertemuan terakhir di semua kompetisi, Les Bleus sudah menang tujuh kali melawan Oranje, sementara Belanda hanya menang satu kali di laga UEFA Nations League pada November 2018.

Kedua tim hampir selalu bertemu satu sama lain dalam 30 pertandingan mereka selama periode tersebut. Dari jumlah itu, hanya empat pertandingan yang menyelesaikan sesi tersebut. Prancis menang 15 kali dan Belanda 11 kali.

Dari angka-angka tersebut, nampaknya Prancis punya sejarah yang lebih baik sehingga berpeluang lebih besar untuk meraih kemenangan di Leipzig nanti.

Sebaliknya, jika melihat sejarah pertemuan mereka di Piala Eropa, Belanda lebih berpeluang menang.

Lalu, jika dilihat dari statistik di laga terakhir kedua tim saat mengalahkan Polandia dan Austria, Belanda juga lebih baik dari Prancis. Oranje menciptakan 21 peluang, 4 di antaranya tepat sasaran, dan menguasai 66 persen distribusi bola dalam kemenangan atas Polandia. Sedangkan Les Bleus kehilangan penguasaan bola saat melawan Austria namun menciptakan 14 peluang, 3 di antaranya tepat sasaran.

Dari sana…

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours