AIC 2024 Tantang Mahasiswa Bertransaksi Saham di Bursa

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, JAKARTA – CGS International Sekuritas Indonesia dan CGS International Securities Group menggelar ASEAN Investment Challenge (AIC) 2024 yang kedua. AIC 2024 mengusung tema ‘Galaxy Your Way’ dan merupakan wujud dedikasi CGS International. Sekuritas untuk pengembangan pasar modal di Indonesia dan ASEAN.

Head CGS International Sekuritas Indonesia Lim Kim Siah mengatakan AIC 2024 telah membuka pendaftaran serentak mulai 1 Agustus 2024 hingga 30 September 2024 di empat negara (MIST) yaitu Malaysia, Indonesia, Singapura, dan Thailand.

“AIC 2024, memberikan pengetahuan finansial dan pengalaman luas dalam dunia investasi ekuitas baik melalui kelas pendidikan maupun pengalaman investasi langsung, serta memberikan pengetahuan kepada generasi muda tentang pentingnya melakukan investasi ESG (Environmental, Community & Governance) berdasarkan para ahli. kata Lim dalam postingannya, Sabtu (17/8/2024).

Menurut Lim, ASEAN Investment Challenge 2024 didukung penuh oleh empat bursa ASEAN, yakni Bursa Malaysia, Bursa Efek Indonesia, Bursa Efek Singapura, dan Bursa Efek Thailand. “Kompetisi Indonesia sendiri mengundang 250 universitas ternama dari seluruh Indonesia untuk mengikuti kompetisi ini,” ujarnya.

AIC 2024 diharapkan dapat membuka pintu bagi generasi muda Indonesia untuk memanfaatkan peluang investasi sebagai sarana yang tepat dan berkelanjutan untuk mengembangkan perekonomian saat ini dan di masa depan. “Selain itu, memberikan kesempatan kepada peserta untuk memahami nilai strategi perdagangannya dan memahami perbedaan antara perdagangan pasif dan aktif,” ujarnya.

Hal ini akan menambah kemampuan dan pengalaman para generasi muda tersebut, karena pada AIC 2024 mereka akan mendapatkan pendidikan dasar dalam transaksi bisnis, seperti pengenalan investasi dasar, penggunaan analisa teknikal dan fundamental, manajemen risiko, manajemen emosional dalam bisnis. transaksi, serta eksplorasi stok berdasarkan ESG.

Lim mengatakan berdasarkan jumlah investor di Bursa Efek Indonesia mencapai lebih dari 13 juta investor. Dari jumlah tersebut, lebih dari 55 persen didominasi oleh investor muda (per Juni 2024). Kaum muda, sebagian besar Generasi Z, lebih tertarik pada investasi pasif dibandingkan investasi langsung, seperti membeli tanah atau properti yang sulit dijangkau.

Terlebih lagi, generasi muda mulai berpandangan bahwa berinvestasi di pasar modal berpotensi menghasilkan return yang tinggi dan diharapkan dapat membantu mereka mencapai tujuan keuangannya di masa depan. Dengan semakin meningkatnya minat dan partisipasi generasi muda dalam berinvestasi di pasar modal, khususnya investasi saham, maka perlu adanya dukungan edukasi dan inovatif, agar tingkat pengetahuan investasi generasi muda di pasar modal terus berkembang dan menunjang posisi mereka. . pertumbuhan ekonomi pada tingkat nasional dan regional.

ASEAN Investment Challenge 2024 ditujukan kepada generasi muda khususnya mahasiswa perguruan tinggi ekonomi dan bisnis di 4 negara berbeda yaitu Malaysia, Indonesia, Singapura dan Thailand (MIST) dengan hadiah hingga ratusan juta Rupiah.

Kompetisi ini dibagi menjadi 2 tahap yaitu Putaran Nasional dan Putaran Regional. Di tingkat nasional, mahasiswa akan menyelesaikan tantangan bisnis dengan melakukan e-learning dan menggunakan simulator bisnis. Kemudian 3 kontestan teratas tingkat nasional dari masing-masing negara akan bertanding di tingkat regional di Malaysia pada bulan Januari 2025, negara pemenangnya.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours