Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Pagi Ini, Warga Diminta Waspada Banjir Lahar Dingin

Estimated read time 2 min read

BUNGA TIMUR – Gunung Levotobi Laki terbit pagi ini, Rabu (3/7/2024), pukul 04.47. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan gunung ini memuntahkan abu vulkanik setinggi 300 meter di atas puncaknya.

Gunung Levotobi Laki terletak di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, dengan letak geografis -8.5389°LU dan bujur 122.7682°BT serta memiliki ketinggian 1.584 meter di atas permukaan laut.

Letusan Gunung Levotobi Laki terjadi pada Rabu 3 Juli 2024 pukul 04.47 WITA dengan tinggi kolom abu terpantau sekitar 300 meter di atas puncak (sekitar 1.884 meter di atas permukaan laut), kata dia. observatorium Kata di gunung berapi. Herman Joseph S Mboro dalam keterangannya.

Hermann melaporkan gumpalan abu yang teramati berwarna abu-abu dengan intensitas sedang dan bergerak ke arah barat. Letusan ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 18,5 mm dan durasi 422 detik.

Herman meminta masyarakat sekitar Gunung Levotobi Laki, serta pengunjung dan wisatawan, untuk tidak beraktivitas di radius 2 kilometer dari pusat letusan, serta sektor 3 kilometer utara-timur laut dan 5 kilometer timur laut.

“Masyarakat diimbau tetap tenang, mengikuti arahan pemerintah daerah dan tidak mempercayai rumor yang tidak jelas sumbernya,” imbuhnya.

Selain itu, Hermann mengingatkan masyarakat sekitar Gunung Levotobi Laki untuk mewaspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu dari puncak gunung, apalagi jika terjadi hujan deras.

“Warga yang terdampak abu Gunung Levotobi diimbau untuk menggunakan masker atau menutup hidung dan mulut untuk menghindari bahaya abu vulkanik terhadap sistem pernafasan,” tutupnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours