Menhub Ungkap Kereta Cepat Whoosh Bakal Gunakan Masinis Indonesia

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, BANDUNG – Menteri Perhubungan (Manhub) Budi Karya Sumadi mengumumkan kereta cepat Whoosh terus dikembangkan. Salah satunya, masinis kereta kecepatan tinggi tersebut merupakan masinis asal Indonesia.

Bodi Kariya Sumadi di Stasiun Bandung, Sabtu (28/9/2024) mengatakan: “Sebelum saya masuk ke ruang mekanik, ada mekanik (Indonesia) yang sedang mengajar atau melakukan pekerjaan mengemudi di Wosh.”

Berdasarkan informasi dari PT KCIC, Bodi mengatakan pada 17 Oktober, terdapat 8 pengemudi asal Indonesia yang bisa mengoperasikan kereta berkecepatan tinggi tersebut. Kedepannya, ia yakin, tidak hanya level mekanik yang akan datang dari Indonesia, namun akan mendatangkan dari Indonesia bagian pemeliharaan, konstruksi atau pengerjaan bagian-bagian kereta kecepatan tinggi.

“Orang Indonesia (mekanik) tapi bahasa pengantarnya Cina, tapi suatu saat ada yang bisa mengubahnya,” ujarnya.

Bodi terus mengevaluasi kinerja kereta berkecepatan tinggi tersebut. Sedangkan untuk kapasitas, dia mendapat laporan terus meningkat.

“Kami juga melihat dari hari ke hari terjadi peningkatan dan ini menunjukkan bahwa pembangunan itu penting,” kata Menhub.

Bodi pun sempat berbincang dengan pihak Singapura. Mereka memuji kereta berkecepatan tinggi di Indonesia.

Bodi mengatakan kereta Whoosh telah berjalan dengan baik dan tidak lepas dari visi dan tujuan Presiden Joko Widodo. Bodi mengatakan, Presiden menyampaikan transportasi umum di perkotaan dan perkotaan harus dikembangkan dan ditingkatkan.

“Whoosh sepertinya terus menjaga image review yang bagus,” ucapnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours