Hadiah Nobel Kedokteran 2024 dianugerahkan untuk dua penemu RNA-mikro

Estimated read time 2 min read

Moskow dlbrw.com – Hadiah Nobel Fisiologi dan Kedokteran tahun ini dianugerahkan kepada ahli biologi Amerika Victor Ambros dan Gary Ruvkun atas penemuan mikro-RNA.

“Hadiah Nobel bidang Fisiologi atau Kedokteran tahun 2024 dianugerahkan kepada Victor Ambros dan Gary Ruvkun atas penemuan mikro-RNA dan fungsinya dalam regulasi gen pasca-transkripsional,” jejaring sosial para peraih Nobel mengumumkan pada hari Senin.

Dalam pernyataan terpisah, Komite Nobel mengakui pentingnya penemuan Ambros dan Ruvkun dalam upaya memahami asal usul banyak penyakit.

“Berkat penemuan penting Ambrose dan Ruvkun serta rekan-rekan yang mengembangkan penemuan mereka, dimensi baru regulasi gen akhirnya muncul,” kata komite Nobel.

“Fungsi protein dalam nukleus adalah mengatur transkripsi dan sintesis RNA, sedangkan fungsi mikro-RNA adalah mengontrol translasi dan degradasi mRNA (messenger RNA) di sitoplasma,” jelas panitia fungsi. mikro-RNA. RNA ditemukan oleh Ambros dan Ruvkun.

Regulasi gen pada tingkat mikro-RNA memainkan peran yang menentukan dalam keseluruhan kehidupan suatu organisme dan juga penting “untuk kehidupan organisme multiseluler yang kompleks”.

Menurut Komite Nobel, “sejumlah kemajuan telah dicapai dalam pengembangan diagnosis dan pengobatan penyakit berbasis mikro-RNA seperti penyakit metabolik, penyakit kardiovaskular, kondisi neurodegeneratif, dan kanker.”

Dalam studi mereka, Ambros dan Ruvkun memeriksa mikronematoda mutan C. elegans yang memiliki cacat pertumbuhan dan menemukan apa yang mereka sebut “RNA pendek”.

Penelitian lebih lanjut dan eksperimen laboratorium mengkonfirmasi penemuan mikro-RNA dan cara regulasi gen yang tidak diketahui dunia medis pada saat itu.

Sumber: Sputnik

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours