Fakta Menarik Blackpink yang Mungkin Belum Diketahui Penggemar

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Grup K-pop Blackpink yang beranggotakan Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa merayakan hari jadinya yang ke-8 sejak debut pada 8 Agustus 2016. Selama delapan tahun terakhir, Blackpink telah melihat dan meraih berbagai kesuksesan. status mereka sebagai salah satu kelompok perempuan paling berpengaruh di dunia.

Berikut enam fakta menarik perjalanan karier Blackpink, seperti dilansir Brandwatch, Kamis (8/8/2024):

1. Menangkan hadiah dan memecahkan rekor

Sejak diluncurkan pada Agustus 2016, mereka telah mengumpulkan setidaknya 106 penghargaan dan 339 nominasi. Blackpink adalah grup K-pop wanita pertama yang memenangkan VMA (MTV Video Music Award) dan grup K-pop wanita pertama yang menduduki puncak Billboard 200.

Mereka juga menjadi grup K-pop pertama yang mencapai 1 miliar penayangan di YouTube untuk video musik mereka “Ddu-Du Ddu-Du”. Selain itu, mereka juga berhasil meraih tiga gelar Guinness World Records dari BTS dengan video musik lagu “How You Like That”. 

2. Selalu menjadi topik obrolan online

Menurut analisis Brandwatch, sejak didirikan pada Agustus 2016 hingga Mei 2024, terdapat lebih dari 423 juta penyebutan grup ini dan digunakan oleh hampir 13,4 juta negara. Artinya sekitar 148 ribu mention per hari.

Brandwatch telah mencantumkan lima negara teratas yang paling banyak membicarakan girl grup ini. Negara-negara yang disebutkan adalah Thailand, Filipina, Amerika, Indonesia, dan Korea Selatan.

3. Tur dunia Born Pink memecahkan rekor

“Born Pink World Tour” merupakan tur dunia kedua Blackpink untuk mempromosikan album kedua mereka dengan judul yang sama. Mereka memainkan 66 pertunjukan di 22 negara. Tur tersebut begitu sukses hingga memecahkan dua rekor. Rekor pertama sebagai tur girl grup terlaris di Oseania. Kedua, pertunjukan mereka pada Agustus 2023 di Las Vegas tercatat sebagai konser live termahal sepanjang sejarah.

4. Hashtag #blackpink paling banyak digunakan di jejaring sosial

Hashtag adalah cara terbaik untuk meningkatkan kemungkinan postingan menjadi viral dan menemukan penggemar lain menggunakan hashtag yang sama. Tidak mengherankan jika tagar #blackpink menjadi tagar yang paling banyak digunakan dalam percakapan online Blackpink selama dua belas bulan terakhir. Di tempat kedua adalah ejaan bahasa Korea Blackpink.

Dengan album Born Pink, mereka mencapai posisi pertama di chart album Billboard 200, yang belum pernah dicapai oleh grup yang seluruhnya perempuan dalam sepuluh tahun terakhir. Mereka memecahkan rekor dengan menjual lebih dari 1 juta kopi pada hari peluncurannya.

5. Lisa adalah anggota Blackpink yang paling banyak dibicarakan di internet 

Penggemar Blackpink tidak hanya suka membicarakan grup mereka sebagai sebuah grup, tetapi mereka juga suka menunjukkan penampilan dan pencapaian masing-masing anggota grup. Dan tidak ada anggota lain yang dibicarakan sebanyak Lisa.

Dari semua postingan online sejak tahun 2016 yang menyebut nama setidaknya satu anggota Blackpink, 42 ​​persen di antaranya membicarakan Lisa. Itu adalah angka-angka yang menarik.   

6. Menjadi bintang utama Coachella  

Coachella adalah salah satu festival musik paling populer di dunia. Di tahun 2023 ini, ini bukan pertama kalinya Blackpink tampil di festival ini. Pada tahun 2019, mereka menjadi grup K-pop wanita pertama yang tampil di Coachella, dan pada tahun 2023 mereka tidak hanya tampil di sana, tetapi juga menjadi headline.

Hal ini menjadikan mereka grup K-pop pertama yang melakukan hal tersebut. Ini adalah pertunjukan langsung yang paling banyak diputar di YouTube dalam sejarah Coachella dengan 250 juta penonton.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours