Pilkada Jakarta Berpotensi Diikuti Dua Poros, PDIP Tertarik Usung Anies

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Pilkada Jakarta 2024 diperkirakan memiliki dua sumbu. Kedua poros tersebut adalah poros pendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan poros Partai Aliansi Indonesia untuk Kemajuan (KIM).

Adi Prayitno, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI), menilai jika melihat lanskap politik saat ini, ada kecenderungan munculnya kedua poros tersebut.

“(Usai pilkada) yang juara (calon yang diajukan) KIM versus Anies Baswedan. Perubahan paling besar adalah partai mana yang didukung Anies,” ujarnya saat dihubungi SINDOnews, Kamis (11/7/2024).

Adi mengaku belum bisa memutuskan partai mana yang akan terus mendukung Anis sehingga memilih bergabung dengan aliansi Kim Jong Un. Namun, konfigurasi ini menghasilkan dua sumbu.

Adi mengatakan persaingan pemilu di Jakarta saat ini sangat ketat. Ia melihat ada peluang bagi beberapa partai, termasuk Partai Demokrat, untuk bergabung dalam koalisi Anies.

Jelas Partai Demokrat Rakyat berminat beraliansi dengan Anis dengan menawarkan kadernya menjadi pendamping Anis. Itu sudah dikomunikasikan secara terbuka. Tinggal saling komunikasi kepentingan politik, ujarnya.

Anies Baswedan diperkirakan akan bertarung di Pilkada Jakarta 2024. Sejauh ini, ada beberapa kelompok yang tertarik mendukung Anies, yakni PKS, Nasdem, dan PKB.

Sementara KIM yang beranggotakan Gerindra, Golkar, PAN, Partai Demokrat, PSI, PBB, dan Gelora, belum memutuskan calon mana yang akan diusung di Pilkada Jakarta.

PDIP belakangan menunjukkan minat mendukung Anies. Faktanya, ketertarikan tersebut muncul setelah Ketua Umum PDIP Puan Maharani dan Anies saling bertukar kode “menarik” saat diwawancarai media.

Meski demikian, PDIP mengaku akan tetap mengutamakan kader internal seperti Tri Rismaharini, Pramono Anung, Basuki Tjahaja Purnama, dan mantan Panglima TNI (Purn) Andika Perkasa. Orang luar pun bermunculan, seperti Nadeem Makarim.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours