Terapi akupunktur dapat membantu menurunkan kolesterol

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – dokter umum Dr. Luluk Suseni dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sibinong Jawa Barat mengatakan, banyak cara untuk membantu menurunkan kolesterol, salah satunya adalah dengan menusukkan jarum halus dan kecil di titik-titik tertentu di tubuh. Atau terapi akupunktur.

“Sebelum akupuntur, kita pastikan dulu hasil laboratoriumnya, misalnya kolesterol tinggi. Dari hasil laboratorium itu kita akan mengetahui keluhan pasien apa saja,” kata Luluk dalam talkshow online di Jakarta, Jumat.

Untuk menurunkan kolesterol tinggi, dokter akan menyarankan pasien terlebih dahulu untuk menjalani pola hidup sehat.

Mulai dari rutin berolahraga, menghindari gorengan, mengonsumsi makanan tinggi serat (buah dan sayur), berhenti merokok, membatasi makanan berlemak dan bergula, dan masih banyak lagi.

Selain pola hidup sehat, pasien juga dapat menggunakan akupunktur, karena terapi ini telah diakui oleh ilmu kedokteran sebagai salah satu metode pengobatan saat ini. Akupunktur dapat merangsang saraf, otot, dan jaringan ikat serta dipercaya dapat merangsang produksi obat pereda nyeri alami dalam tubuh.

“Akupunktur berasal dari pengobatan tradisional Tiongkok dan kini diakui WHO dan dapat dilakukan oleh dokter di rumah sakit,” kata dokter anggota Ikatan Dokter Indonesia ini.

Terapi akupunktur adalah teknik penyembuhan dengan memasukkan jarum kecil dan tipis ke titik-titik tertentu di tubuh. Selain meredakan nyeri, akupunktur diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, salah satunya dapat membantu menurunkan kolesterol berlebih.

“Ada banyak titik akupunktur di tubuh kita, dan ada titik yang menurunkan kolesterol,” kata Luluc.

Ia juga mengatakan, “Jika pasien memiliki kolesterol tinggi, ada titik-titik tertentu yang kami tusuk dengan jarum untuk membantu menurunkan kolesterol dan keluhannya saat itu.”

Terapi akupunktur memiliki beragam manfaat kesehatan. Selain itu, banyak penelitian telah dilakukan untuk memastikan efektivitas terapi ini dalam mengobati penyakit atau menjaga kesehatan.

Ia mengatakan: “Akupunktur dapat dilakukan bersamaan dengan pengobatan medis, karena akupunktur mengoptimalkan kerja obat, dan juga membantu mengurangi efek samping obat.”

Namun, Luluk mengatakan pasien dapat memastikan bahwa terapi tersebut dilakukan oleh dokter atau ahli akupunktur bersertifikat. Dengan demikian, terapi akupunktur dapat dilakukan dengan aman dan tepat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours