10 Prospek Menjanjikan Lulusan Teknik Metalurgi, Ga Cuma Mentok Jadi Pegawai Pabrik

Estimated read time 4 min read

JAKARTA – Inilah harapan terbaik bagi lulusan Teknologi Metalurgi di masa depan. Sebagian orang mungkin belum terlalu familiar dengan teknologi hebat ini, padahal Teknik Metalurgi memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk kondisi kerja yang lebih baik di berbagai industri.

Menurut Hotcourses Indonesia, kata metalurgi berasal dari kata Yunani Metallougos yang berarti mengekstraksi logam dari mineral. Untuk waktu yang lama, metalurgi hanya berkaitan dengan pelapisan logam, pengerjaan logam, dan pengerjaan logam.

Baca juga: Sarjana Teknik dan Teknologi di Indonesia Menurut Indeks Keilmuan AD 2024

Para profesional Teknik Metalurgi langsung teringat pada sosok berhelm kuning yang bekerja di pabrik logam panas. Namun tidak menutup kemungkinan jurusan ini bisa memiliki peluang yang semakin menarik.

Baca Juga: 10 Karier Insinyur Paling Menarik di ITB dan UGM Penuh Potensi

Berdasarkan berbagai faktor di bawah ini, prospek karir jurusan Teknik Metalurgi dapat dipilih oleh calon mahasiswa nantinya.

10 Tips Lulusan Teknik Metalurgi1. peneliti

Ada peluang karir bagi lulusan Teknik Metalurgi untuk menjadi peneliti material baru, karena di jurusan Teknik Metalurgi banyak sekali jenis logam yang bisa dijadikan peneliti. Bagi Anda yang ingin menjadi peneliti, Anda berada di garda depan dalam mengembangkan hal-hal baru yang lebih kuat, ringan, dan ramah lingkungan.

2. Konsultan Forensik

Lulusan Teknik Metalurgi tidak menutup kemungkinan untuk menjadi konsultan forensik di sebuah perusahaan real estate. Pekerjaan ini melibatkan lulusan Teknik Metalurgi yang mampu memecahkan misteri di balik kegagalan dan kecelakaan industri.

Baca Juga: Fakultas Teknik UGM 2024 dengan persaingan ketat dan terbuka, berikut daftarnya

Pekerjaan seorang konsultan forensik membutuhkan fokus dan kesabaran untuk menyelesaikan permasalahan di industri real estate.

3. Produsen Peralatan

Mata kuliah ini cocok bagi lulusan Teknik Metalurgi yang tertarik pada desain yang baik dan memiliki kemampuan untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang sifat-sifat logam mulia. Mereka yang memiliki gelar desain perhiasan dapat menciptakan karya unik yang menghasilkan nilai jual kembali dari logam mulia.

4. Ahli Daur Ulang Logam

Lulusan teknologi metalurgi yang memahami bisnis berkelanjutan dapat bekerja di bidang teknologi daur ulang yang dapat dikembangkan menjadi bernilai tinggi. Lulusan dapat bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang logam dan mineral.

Baca juga: 20 Program Sarjana Hukum Terbaik Menurut Peringkat Mata Pelajaran Institusi Hukum Indonesia 2025, Karier Cerah?

5. Perkembangan Teknologi Kedokteran

Lulusan teknik metalurgi dapat membantu mengembangkan teknologi medis, seperti alat pacu jantung, penggantian sendi, dan implan logam. Faktanya, Anda bisa menciptakan pengobatan baru yang dapat membantu dan mengubah hidup pasien.

6. Dokter Pengendali Kerusakan

Sebagai lulusan Teknologi Metalurgi Anda dapat bekerja di bidang perekonomian. Bagi mereka yang berpengalaman menangani dan mengelola masalah korosi. Pekerjaan ini juga membutuhkan pengetahuan teknik tentang korosi pada material yang biasa ditemukan pada logam, plastik, dan polimer.

7. Konektor Tulang Fleksibel Baru

Lulusan Teknik Metalurgi dapat bekerja di bidang energi terbarukan, seperti tenaga surya, tenaga angin, dan tenaga air. Tak hanya itu, para lulusan ini juga dapat berkontribusi dalam pengembangan turbin angin yang lebih efisien, panel surya yang tahan lama, dan pengembangan teknologi penyimpanan energi yang revolusioner.

8. Keahlian dalam bidang Dirgantara

Sebagai lulusan Teknologi Metalurgi, Anda dapat bekerja sebagai ahli di industri dirgantara. Anda akan mengerjakan pengembangan alat paduan nikel yang memungkinkan pesawat terbang dan pesawat terbang melakukan perjalanan lebih jauh dan lebih aman.

9. Administrasi Bisnis

Anda dapat mencoba bekerja sebagai insinyur real estate setelah lulus kuliah. Bagi yang sudah memahaminya secara mendalam, Anda bisa membuka usaha di bidang teknologi material, mulai dari pengembangan lapisan nano hingga produksi filamen pencetakan 3D khusus. Pekerjaan ini tidak akan pernah selesai, karena banyak sekali benda logam di dunia ini.

10. Pengiklan

Lulusan teknik metalurgi dapat bekerja di bidang pendidikan dan komunikasi. Anda bisa mengajari banyak orang tentang hal-hal penting yang belum pernah mereka ketahui sebelumnya. Anda dapat menggunakan konten sumber dalam seminar, konten pendidikan, atau buku.

Demikian ulasan 10 ide menjanjikan bagi lulusan Teknik Metalurgi. Semoga ulasan kali ini bermanfaat bagi para pembaca setia SINDOnews.

MG/Bramcov Stevens Situmeang

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours