Belajar AI di UNM Biar Bisa Merevolusi Cara Hidup Manusia

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA — Perkembangan teknologi yang pesat telah mengubah gaya hidup masyarakat secara radikal. Kecerdasan buatan (AI) merupakan salah satu teknologi yang mendapatkan dominasi signifikan di berbagai industri. Program (prodi) Informatika Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menyelenggarakan webinar Integrating Artificial Intelligence in Software Development: Managing Digital Transformation. Webinar ini dibawakan oleh Dr. Desinta Arrowa Dewi, Associate Professor, Resource Officer dari INTI International University, Negeri Sembilan, Malaysia.

Arfhan Prasetyo, Ketua Program Studi Informatika (Kaprodi) Universitas Nusa Mandiri, mengatakan tujuan webinar ini adalah untuk menambah pengetahuan dan pengalaman belajar mata kuliah kecerdasan buatan pada program Informatika.

“Teknologi ini berdampak besar pada cara orang bekerja, berkomunikasi, dan mengambil keputusan. Menyikapi perkembangan tersebut, program Informatika sukses menyelenggarakan webinar tentang AI dengan menghadirkan pembicara-pembicara berkualitas dari Malaysia, kata Arfhan dalam keterangan yang diterima, Senin (30/6/2024).

Arf Khan menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan INTI International University, Negeri Sembilan, Malaysia. Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Departemen Teknologi Informasi Universitas Nusa Mandiri, dan Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi.

“Dengan adanya webinar ini, kami berharap dapat menambah pemahaman, pengetahuan dan pengalaman berharga bagi mahasiswa dari materi yang diberikan narasumber,” ujarnya.

Pada saat yang sama, Profesor Dr. Desinta Arrova Dewi mengatakan, pesatnya perkembangan kecerdasan buatan kini memiliki kemampuan mengolah dan menganalisis data dalam skala besar. “AI membawa manfaat yang luar biasa di berbagai bidang kehidupan manusia saat ini,” ujarnya saat menyampaikan materi, Kamis (20/6/2024).

Ia juga menambahkan, teknologi AI tidak akan menggantikan peran manusia, namun akan membantu mempercepat proses kerja. “Manusia tetap menjadi faktor utama dalam pelaksanaan tugas atau kegiatan. AI hanya sekedar alat,” ujarnya.

Karir di bidang kecerdasan buatan telah memasuki era digital yang semakin kompleks dan sangat menjanjikan. Banyak perusahaan akan mempekerjakan karyawan dengan keterampilan AI di masa depan. Kami berharap webinar ini dapat menginspirasi mahasiswa Ilmu Informasi Universitas Nusa Mandiri untuk terus mengembangkan diri dan bersiap menghadapi tantangan era digital.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours