UMJ Masuk 10 Besar dalam Pemeringkatan Perguruan Tinggi Swasta Versi Webometrics

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) merupakan perguruan tinggi swasta terbaik di Jakarta, menduduki peringkat ke-7 dari 164 Universitas Muhammadiyah-Asia (PTMA). Hal ini berdasarkan pengumuman yang disampaikan oleh Webometrics sebagai lembaga pemeringkat internasional.

Selain itu, UMJ juga menduduki peringkat ke-77 dari 3523 perguruan tinggi se-Indonesia. Dengan tersebarnya Universitas Muhammadiyah dan Asia (PTMA) di seluruh Indonesia bahkan luar negeri, perguruan tinggi yang berada di bawah naungan organisasi Muhammadiyah kerap menduduki peringkat kampus terbaik dunia.

Berdasarkan webometrics, perguruan tinggi yang masuk dalam 10 besar kategori perguruan tinggi swasta di Jakarta adalah Universitas Bina Nukentra (BINUS), Universitas Trisekati (USAKTI), Universitas Merku Buana (UMB), Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jia), Muhammad Universitas Prof. Dr. Hamka (UHAMCA), Universitas Bodi Lohor (UBL), Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Jayabaya (UJ), Universitas Nasional (UNAS), dan Universitas Asa Onggol (UEU).

Sepuluh besar PTMA menurut Webometrics antara lain: Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD), Universitas Muhammad Malang (UMM), Universitas Muhammad Yogyakarta (UMY), Universitas Muhammad Surakarta (UMS), Universitas Muhammad Surabaya (UMSurabaya). ), Mohammadia Prof.

Webometrics Rating merupakan lembaga yang mengevaluasi kualitas dan visibilitas website universitas atau institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia. Penilaian webometric dilakukan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Januari dan Juli.

Evaluasi webometrics didasarkan pada tiga indeks evaluasi utama dengan bobot berbeda, yaitu pengaruh (50%), transparansi (10%) dan prioritas (40%). Berapa banyak situs eksternal yang menyertakan tautan ke domain situs UMJ, Transparansi menghitung jumlah peneliti yang dikutip oleh 310 penulis teratas, dan Keunggulan mewakili jumlah jurnal yang dikutip oleh 10% teratas dari 27 jurnal ilmiah. Skimago (Scopus) adalah keseluruhan database.

Pada penilaian kali ini UMJ berhasil meraih impact rating 754, openness 2258, dan 7504.

Saat ini pemeringkatan Webometrics secara nasional diperingkat pertama oleh Universitas Indonesia, kedua oleh Universitas Gajah Mada, dan ketiga oleh Universitas Aerlangga.

Pemeringkatan yang diterbitkan Webometrics penting bagi calon mahasiswa dalam memilih kampus, mengingat akreditasi, program studi, dan fasilitas yang ditawarkan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours