Pentingnya Jaga Kesehatan Tulang, Suplementasi Kalsium Bantu Mengoptimalkan

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Kesehatan tulang merupakan fondasi penting bagi tubuh, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Namun kekurangan kalsium dan zat gizi pendukung lainnya masih menjadi masalah besar di Indonesia.

Data menunjukkan banyak orang dewasa dan anak-anak di Indonesia yang tidak memenuhi kebutuhan kalsium harian yang direkomendasikan sehingga berdampak buruk pada kesehatan tulang.

Bagi orang dewasa, terutama wanita, lansia, dan orang dengan pola makan tidak seimbang serta gaya hidup tidak sehat, kalsium merupakan mineral penting yang kebutuhannya seringkali tidak terpenuhi. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti osteoporosis, berkurangnya kepadatan tulang, dan disfungsi otot.

Rendahnya asupan kalsium disebabkan oleh kurangnya pendidikan dan pola makan yang tidak seimbang. Oleh karena itu, diperlukan suplementasi kalsium agar penyerapan kalsium dalam tubuh lebih optimal. Selain itu, kandungan lain seperti vitamin D3, K1, K2, magnesium dibutuhkan agar kalsium dapat diserap dan digunakan secara maksimal”, jelas dokter dr Susie Mariana.

Kandungan tersebut terdapat pada L-CAL, suplemen kesehatan tulang untuk orang dewasa.

L-CAL mengandung Coral Calisum, kalsium yang berasal dari karang laut, kaya akan mineral, alami dan lebih mudah diserap tubuh.

Vitamin D3 berperan penting dalam meningkatkan penyerapan dan pencernaan kalsium serta membantu distribusi kalsium dalam tulang. Vitamin K1 dan K2 membantu mengatur distribusi kalsium, sehingga langsung terserap ke dalam tulang dan tidak menumpuk di pembuluh darah, sehingga mengurangi risiko pengapuran pembuluh darah.

Sementara itu, magnesium membantu menyeimbangkan kadar kalsium dalam tubuh dan mendukung kesehatan otot dan fungsi saraf.

Nutrisi yang menunjang tumbuh kembang anak

Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga perlu menjaga kesehatan tulangnya. Kesehatan tulang dapat mempengaruhi tinggi badan karena lempeng pertumbuhan atau epifisis di ujung tulang panjang menentukan tinggi badan seseorang.

Menurut data UNICEF, 1 dari 5 anak di bawah usia 5 tahun mengalami stunting, suatu kondisi dimana pertumbuhan anak terhambat karena kurangnya asupan nutrisi.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, PT LAPI Laboratories memperkenalkan L-CAL Grow, suplemen yang diformulasikan khusus untuk mendukung pertumbuhan optimal pada anak.

“Kami memahami betapa pentingnya masa pertumbuhan bagi anak. L-CAL Grow diformulasikan dengan kombinasi nutrisi utama yang terbukti secara ilmiah mendukung pertumbuhan tulang yang optimal,” ujar Lenny Ricke Sianturi, Marketing Manager, OTC PT LAPI Laboratories.

L-CAL Grow mengandung empat nutrisi penting yang bekerja sinergis untuk mendukung pertumbuhan tulang, yaitu kalsium, vitamin D3, vitamin K2, dan zinc bisglisinat.

Studi klinis menunjukkan bahwa zinc bisglisinat dapat meningkatkan tinggi badan anak hingga 5,6 cm selama enam bulan penggunaan.

Diketahui, sejak masa kanak-kanak tulang terus mengalami pertumbuhan dan penguatan kepadatan (massa tulang) hingga mencapai puncaknya pada usia 25-30 tahun. Setelah itu, laju pertumbuhan dan kekuatan tulang akan menurun seiring bertambahnya usia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours