PA: Penyelesaian isu Palestina kunci masa depan Timur Tengah

Estimated read time 2 min read

Ramallah dlbrw.com – Otoritas Palestina (PA) menyatakan penyelesaian masalah Palestina adalah kunci untuk menjamin masa depan yang aman dan stabil di Timur Tengah.

“Dengan pendudukan Yerusalem dan tempat-tempat suci, sejarah dan warisannya berada di bawah ancaman, perang yang terjadi saat ini akan terus berlanjut seperti yang terjadi pada abad terakhir,” kata juru bicara PA Nabil Abu Rudeine dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu.

“Satu-satunya alternatif yang layak adalah pembentukan negara Palestina merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya,” tambahnya.

Pasca serangan Hamas pada 7 Oktober 2023, ketegangan di kawasan meningkat akibat serangan brutal Israel di Jalur Gaza.

Sejak 23 September, Israel telah melancarkan serangan mematikan di seluruh negeri yang telah menewaskan lebih dari 800 orang dan melukai lebih dari 2.500 orang, dan telah menyebar hingga ke Lebanon.

Beberapa komandan kelompok Hizbullah, termasuk pemimpinnya Hassan Nasrallah, tewas dalam serangan Israel.

“Genosida yang terus dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina, serta penghancuran kota-kota, desa-desa, dan kamp-kamp pengungsi Palestina, tidak akan membawa keamanan atau stabilitas, namun akan menyebabkan lebih banyak kekerasan dan kerusuhan di seluruh kawasan dan sekitarnya,” kata Abu Rudeine.

Ia menilai pemerintah AS bertanggung jawab atas gejolak yang terjadi di Timur Tengah saat ini.

“Tindakan seperti itu memicu kejahatan yang berkelanjutan terhadap rakyat Palestina, Suriah dan Lebanon, serta berlanjutnya ancaman terhadap wilayah lain,” katanya.

Pada tanggal 18 September 2024, Majelis Umum PBB menyetujui resolusi yang menyerukan Israel untuk menarik diri dari wilayah pendudukan Palestina dalam waktu 12 bulan.

Asal: Anatolia

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours